Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM VIRTUAL LABORATORY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
ABSTRAK
Badi’ah, Riadhul. 2022. Pengembangan Modul Praktikum Virtual Laboratory Berbasis Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Problem-Based Learning
Latar belakang penelitian pengembangan ini adalah siswa kurang dilatihkan mengenai keterampilan proses sains dalam ketika pembelajaran di sekolah. Selain itu, kurangnya modul pembelajaran daring panduan praktikum yang mengajarkan keterampilan proses sains. Hal ini sesuai dengan kondisi siswa SMP Negeri 2 Kepil berdasarkan wawancara singkat dengan guru mata pelajaran IPA mengungkapkan bahwa keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 2 Kepil masih rendah. Modul praktikum virtual laboratory memuat indikator keterampilan proses sains. Berdasarkan penilaian ahli, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan modul praktikum, mengetahui bagaimana reaksi siswa terhadap penggunaan modul, dan mengetahui pengaruh modul praktikum terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D. Modul diimplementasikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kepil. Analisis kelayakan modul dihitung dengan menggunakan Aiken’s, respon siswa dianalisis dan digunakan untuk menilai kepraktisan modul, anlisis pengaruh penggunaan modul terhadap keterampilan proses sains siswa dengan ujit dan N-gain. Hasil validasi mendapatkan total skor rata-rata sebesar 0,861 dengan kategori valid. Respon siswa juga menunjukkan hasil yang positif dengan keseluruhan aspek memperoleh rata-rata kategori sangat baik. Berdasarkan nilai pretest dan posttest yang dihitung menggunakan t-test dan N-Gain dengan taraf signifikansi 0,05, modul praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Nilai t hitung sebesar 14,890 lebih tinggi dari t tabel dengan nilai 2,009 yang menunjukkan bahwa modul praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Perhitungan N-Gain menghasilkan nilai 0,548 yang menunjukkan peningkatan sedang pada keterampilan proses sains siswa.
3-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA BAD P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain