Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ERP (ENGAGE, RESEARCH, PRESENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP
ABSTRAK
Sarofah, Arini Kusna. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran ERP (Engage, Research, Present) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smp”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, model ERP, discovery learning
Proses pembelajaran IPA masa kini harus melatihkan keterampilan abad 21 salah satunya kemampuan dalam pemecahan masalah (KPM). KPM ialah kemampuan yang esensial harus ada pada tiap siswa karena dalam kehidupannya setiap individu akan mengalami permasalahan yang harus diselesaikan. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah siswa tergolong rendah yang dibuktikan pada hasil TIMSS pada tahun 2015 dimana Indonesia memperoleh skor 397 dimana Indonesia menduduki peringkat keempat dari bawah. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis riset seperti model pembelajaran ERP. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan KPM siswa setelah diterapkan model pembelajaran ERP pada mata pelajaran IPA (2) respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ERP. Populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas VII SMPN 1 Tegalrejo dengan sampel yang dipilih kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa instrumen tes berbentuk soal essay dan instrumen angket respon siswa. Kedua instrumen tersebut sebelum digunakan akan diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Hasil dari uji T sebesar 0.002 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dan nilai N-Gain mendapatkan nilai kelas eksperimen sebesar 0.47 berkategori sedang kelas dan kontrol 0.29 berkategori rendah. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran ERP yang diterapkan mampu meningkatkan KPM siswa lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Analisis respon siswa terhadap model pembelajaran ERP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 80.75%.
43-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA SAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain