Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA PHET SIMULATION DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Fatmawati, Nunung. 2022. “Pengaruh Media PhET Simulation dalam Pembelajaran Daring terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Tidar.
Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kemampuan dalam memahami suatu makna menggunakan bahasanya sendiri yang lebih mudah dimengerti disebut pemahaman konsep. Sangatlah penting peserta didik memiliki pemahaman konsep karena merupakan modal untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Namun, pentingnya pemahaman konsep tersebut berbeda dengan keadaan yang ada dimana dari hasil keikutsertaan Indonesia dalam PISA 2018 Indonesia menempati peringkat ke-70 dari 78 negara. Hasil studi lapangan juga menunjukkan masih rendahnya pemahaman konsep pada diri peserta didik. Penyebab pemahaman konsep yang rendah karena pembelajaran yang dilakukan masih teacher center serta pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran yang dilakukan secara daring berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik. Kegiatan untuk meningkatkan pemahaman konsep satu diantaranya adalah dengan melakukan praktikum. Akan tetapi, kegiatan praktikum di laboratorium riil tidak dilakukan selama pembelajaran daring. Oleh sebab itu, pada penelitian ini akan memanfaatkan media PhET simulation dalam melakukan praktikum dalam pembelajaran daring dengan tujuan melihat ada dan tidaknya pengaruh terhadap meningkatnya pemahaman konsep dari peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan control group pre-test dan post-test design. Jumlah subjek yaitu 62 peserta didik, dimana dari kelas VIII A yaitu 31 peserta didik dan dari kelas VIII E 31 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan uji N-gain, uji prasyarat, dan uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu kelas eksperimen mendapatkan nilai N-gain 0,7285 yang menunjukkan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol menunjukkan kategori sedang yaitu 0,5995. Hasil uji prasyarat juga menunjukkan bahwa kedua kelas tersebut dapat dikatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu 0,007 kurang dari 0,05, dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media PhET simulation dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini hanya mengukur pemahaman konsep peserta didik, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat mengukur keterampilan abad 21 lainnya. Selain itu, tidak semua indikator pemahaman konsep terukur, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat mengukur semua indikator pemahaman konsep. Media PhET simulation yang digunakan juga meningkatkan kelima indikator pemahaman konsep dengan kategori yang berbeda, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan semua indikator pemahaman konsep dengan kategori tinggi.
Kata Kunci: PhET simulation, pembelajaran daring, pemahaman konsep
5-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA FAT P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain