Text
SKRIPSI PROYEK PEMBUATAN MAKET DALAM METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
ASBTRAK
Anggraeni, Dwi Putri. 2023. “Proyek Pembuatan Maket dalam Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M. Sc., Pembimbing II Suwito Singgih, M. Pd.
Kata Kunci: Proyek Maket, Metode Pembelajaran Eksperimen, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
IPA merupakan ilmu pengetahuan penting bagi siswa. Dibalik pentingnya pembelajaran IPA, terdapat masalah utama yaitu motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang masih rendah Berdasarkan observasi, terlihat bahwa siswa (1) tidak fokus, (2) siswa tidak aktif, (3) tidak berantusias, (4) pembelajaran dilakukan satu arah. Bukti rendahnya hasil belajar siswa yaitu nilai hasil belajar di bawah KKM. Proses pembelajaran akan semakin sukses apabila dibarengi dengan digunakannya alat bantu mengajar yang mampu memproyeksikan materi ajar. Proyek maket dalam pembelajaran eksperimen dapat mempermudah siswa dalam mengamati serta memahami konteks materi dengan bantuan proyeksi tiga dimensi.
Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan proyek maket dalam metode pembelajaran eksperimen dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dua variabel terikat yaitu motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Teknik dan Intrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar dan hasil belajar secara berturut-turut yaitu angket motivasi belajar, instrumen tes tertulis untuk pretest dan posttest, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 2 jenis uji, yang pertama yaitu uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas serta uji homogenitas populasi. Uji hipotesis merupakan uji kedua yang terdiri dari uji T dan uji N-Gain. Terdapat beberapa instrument atau perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor N-Gain motivasi belajar kelas kontrol pada tiap indikator secara berturut-turut yaitu 0,34; 0,44; 0,29; 0,36; dan 0,37. Sedangkan skor N-Gain motivasi belajar kelas eksperimen secara berturut-turut yaitu 0,57; 0,52; 0,53; 0,48; dan 0,59. Berdasarkan penelitian, juga terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol memiliki nilai N-Gain sebesar 0,328, sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai N-Gain sebesar 0,651.
Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dengan proyek maket dalam metode pembelajaran eksperimen dengan pembelajaran konvenisonal. Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol. Selain itu, nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada nilai hasil belajar siswa kelas kontrol. Terdapat saran untuk instansi sekolah agar melaksanakan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses sains.
8-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA ANG P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain