Text
SKRIPSI ANALISIS AKTIVITAS OTAK DAN PARAMETER EMOSI SELAMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS ANDROID DENGAN EEG
ABSTRAK
Timur, Niken Raidyna Laksmi. 2022. “Analisis Aktivitas Otak dan Parameter Emosi Selama Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Android Dengan EEG”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Otak, Parameter Emosi, Elektroensefalografi (EEG), dan Bahan Ajar Berbasis Android
Teknologi digital dalam lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mengakses informasi sumber belajar dan menunjang kegiatan pembelajaran. Salah satu perangkat digital yang dimiliki oleh guru maupun siswa yaitu smartphone. Kehadiran smartphone dapat memberikan keterbaharuan pada bahan ajar dengan aplikasi android (Risma, dkk. 2021). Bahan ajar yang memanfaatkan smartphone yaitu bahan ajar berbasis android menggunakan APP Inventor. Secara kuantitatif bahan ajar berbasis android terbukti mampu meningkatkan hasil belajar (Wahyuni & Etfita, 2019) dan pemahaman siswa (Lestari, dk. 2017). Namun, belum dapat mengungkapkan dampak bahan ajar berbasis android terhadap kinerja otak dan daya tahan emosi siswa. Berdasarkan hal tersebut maka perlu mengetahui proses kognitif pada kinerja otak dan parameter emosi siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis android dengan bantuan alat elektroensefalografi (EEG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas otak dan parameter emosi siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis android dan dibandingkan dengan bahan ajar cetak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan perspektif educational neuroscience. Langkah awal penelitian ini dengan metode Delphi dua putaran untuk menentukan karakteristik bahan ajar berbasis android yang sesuai kebutuhan siswa SMP. Selanjutnya mengembangkan bahan ajar berbasis android dan di validasi oleh ahli. Hasil validasi bahan ajar memperoleh nilai sebesar 0.867 dengan kriteria tinggi. Bahan ajar berbasis android yang siap digunakan kemudian diambil data aktivitas otak serta melihat daya tahan emosi siswa selama proses belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Kota Magelang yang diambil secara acak dengan teknik snowball sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, angket, dan tes menggunakan alat EEG.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik bahan ajar berbasis android yang sesuai kebutuhan siswa terdapat tujuh indikator, antara lain (1) bahan ajar yang mudah diakses kapan saja; (2) desain tampilan full colour dan gambar menarik; (3) bahasa yang digunakan baku, runtut, dan jelas; (4) penyampaian materi jelas, runtut, terdapat peta konsep, dan dikaitkan fenomena sehari-hari; (5) penyajian rumus sesuai konsep; (6) terdapat video pembelajaran berdurasi pendek yang menarik dan mudah dipahami; serta (7) soal evaluasi diberikan petunjuk jelas dan terdapat skor hasil. Hasil aktivitas otak siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis android yaitu melibatkan otak kanan bagian lobus frontal dan otak kiri bagian lobus frontal, lobus parietal, dan lobus oksipital. Sedangkan selama menggunakan bahan ajar cetak hanya melibatkan otak kiri bagian lobus frontal dan lobus oksipital. Parameter emosi siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis android yaitu emosi siswa cenderung meningkat pada indikator keterkaitan, kegembiraan, fokus, dan ketertarikan, serta cenderung menurun pada indikator relaksasi dan stres. Sedangkan selama menggunakan bahan ajar cetak emosi siswa cenderung meningkat pada indikator keterkaitan, fokus, dan stres, serta cenderung menurun pada indikator kegembiraan.
7-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA TIM A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain