PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA MAN TEMANGGUNG PADA MATERI SISTEM RESPIRASI

VIRDA WIDYANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Widyanti, Virda. 2022. “Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA MAN Temanggung pada Materi Sistem Respirasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning), Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL (project based learning) terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode quasi experiment dan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: instrumen wawancara, silabus, RPP, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)berkarakteristik PjBL, soal tes kemampuan kognitif siswa, angket keterampilan proses sains dasar, lembar observasi keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterlaksanaan PjBL. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Uji beda untuk mengukur pemahaman konsep menggunakan uji anakova (analisis kovarian) dan N-Gain sedangkan untuk keterampilan proses sains hanya menggunakan uji anakova (analisis kovarian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran PjBL dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Untuk kemampuan kognitif dengan nilai uji anakova memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai N-Gain kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 0,57 (Sedang)lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,42 (Sedang), sedangkan untuk nillai keterampilan proses sains dengan uji anacova memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dikuatkan dengan hasil yang diperoleh dari lembar observasi keterampilan proses sains yang dianalisis secara dekskriptif dan menunjukan bahwa rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 70,13% (Baik) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 58,34% (Cukup). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa setelah penggunaan model PjBL yang diberikan kepada siswa kelas XI IPA 3.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) BIOLOGI WID P 2022
45-UN57.U1-SPB-XII-2022
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI WID P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XV;78HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, BAB V
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?