Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA MAN TEMANGGUNG PADA MATERI SISTEM RESPIRASI
ABSTRAK
Widyanti, Virda. 2022. “Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA MAN Temanggung pada Materi Sistem Respirasi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning), Kemampuan Kognitif, Keterampilan Proses Sains
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PjBL (project based learning) terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode quasi experiment dan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: instrumen wawancara, silabus, RPP, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)berkarakteristik PjBL, soal tes kemampuan kognitif siswa, angket keterampilan proses sains dasar, lembar observasi keterampilan proses sains, dan lembar observasi keterlaksanaan PjBL. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda. Uji beda untuk mengukur pemahaman konsep menggunakan uji anakova (analisis kovarian) dan N-Gain sedangkan untuk keterampilan proses sains hanya menggunakan uji anakova (analisis kovarian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran PjBL dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA MAN Temanggung. Untuk kemampuan kognitif dengan nilai uji anakova memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai N-Gain kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 0,57 (Sedang)lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,42 (Sedang), sedangkan untuk nillai keterampilan proses sains dengan uji anacova memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini dikuatkan dengan hasil yang diperoleh dari lembar observasi keterampilan proses sains yang dianalisis secara dekskriptif dan menunjukan bahwa rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 70,13% (Baik) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 58,34% (Cukup). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa setelah penggunaan model PjBL yang diberikan kepada siswa kelas XI IPA 3.
45-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI WID P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain