Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PAIR SOLO MENGGUNAKAN MEDIA TARIUS (KOTAK MISTERIUS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Lisdayanti, Annisa Puji. 1610301103, Skripsi 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa SMP Kelas VIII”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M. Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, M.Pd.
Kata Kunci : kemampuan menulis teks persuasi, media Tarius, model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo.
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kurangnya variasi model dan media pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional (ceramah), serta belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Selain model dan media pembelajaran, permasalahan yang lain juga ditemukan yaitu siswa masih kesulitan dalam menyusun dan mengembangkan kalimat teks persuasi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa SMP kelas VIII.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) deskripsi kebutuhan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP; (2) deskripsi prinsip-prinsip model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP; (3) membuat desain model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu, Brog and Gall terdapat tiga tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan model; (3) uji model. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Magelang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebutuhan guru dan siswa, wawancara, dan angket validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini terdapat tiga, yaitu (1) deskripsi angket kebutuhan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius). Dari hasil angket kebutuhan guru dan siswa, serta wawancara, dibutuhkan adanya pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius); (2) deskripsi prinsip model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) yaitu prinsip pembelajaran kooperatif, interaktif, kebahasaan, pengulangan dan evaluasi, kognitif, pengetahuan, motivasi dan daya tarik; (3) pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) yang berbentuk buku panduan model pembelajaran. Hasil dari validasi ahli model menggunakan media dengan skor 4, dan dari ahli materi dengan skor 4,sehingga buku panduan tersebut dikatakan valid.
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) disarankan digunakan, karena dapat membuat siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya, dapat menggunakan skripsi ini sebagai bahan referensi dalam meneliti dan mengembangkan model pembelajaran yang menggunakan media.
4-UN57.U1-SIN-II-2023 | INDONESIA LIS P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain