PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM PAIR SOLO MENGGUNAKAN MEDIA TARIUS (KOTAK MISTERIUS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP

ANNISA PUJI LISDAYANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Lisdayanti, Annisa Puji. 1610301103, Skripsi 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Pair Solo Menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi Pada Siswa SMP Kelas VIII”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M. Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, M.Pd.
Kata Kunci : kemampuan menulis teks persuasi, media Tarius, model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo.
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kurangnya variasi model dan media pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional (ceramah), serta belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Selain model dan media pembelajaran, permasalahan yang lain juga ditemukan yaitu siswa masih kesulitan dalam menyusun dan mengembangkan kalimat teks persuasi. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi siswa SMP kelas VIII.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) deskripsi kebutuhan pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP; (2) deskripsi prinsip-prinsip model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP; (3) membuat desain model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) untuk meningkatkan kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu, Brog and Gall terdapat tiga tahap, yaitu (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan model; (3) uji model. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Magelang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kebutuhan guru dan siswa, wawancara, dan angket validasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini terdapat tiga, yaitu (1) deskripsi angket kebutuhan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius). Dari hasil angket kebutuhan guru dan siswa, serta wawancara, dibutuhkan adanya pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius); (2) deskripsi prinsip model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) yaitu prinsip pembelajaran kooperatif, interaktif, kebahasaan, pengulangan dan evaluasi, kognitif, pengetahuan, motivasi dan daya tarik; (3) pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan Media Tarius (Kotak Misterius) yang berbentuk buku panduan model pembelajaran. Hasil dari validasi ahli model menggunakan media dengan skor 4, dan dari ahli materi dengan skor 4,sehingga buku panduan tersebut dikatakan valid.
Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, model pembelajaran kooperatif tipe team pair solo menggunakan media Tarius (Kotak Misterius) disarankan digunakan, karena dapat membuat siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk peneliti selanjutnya, dapat menggunakan skripsi ini sebagai bahan referensi dalam meneliti dan mengembangkan model pembelajaran yang menggunakan media.


Ketersediaan
4-UN57.U1-SIN-II-2023INDONESIA LIS P 2023Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA LIS P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIX;152HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik