Text
SKRIPSI ANALISIS AKTIVITAS OTAK DAN PARAMETER EMOSI SELAMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS SCRATCH
ABSTRAK
Zulaikhah, Viana Nur. 2022. “Analisis Aktivitas Otak dan Parameter Emosi Selama Menggunakan Bahan Ajar Digital Berbasis Scratch”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Keterampilan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan literasi digital, keterampilan menggunakan teknologi, serta menggunakan media informasi dengan baik (Suryanti, 2018). Bahan ajar digital berbasis scratch menjadi solusi dalam pembelajaran yang mendukung peserta didik untuk melatih kemampuan literasi digital (Maloney, 2010). Secara kuantitatif bahan ajar digital berbasis scratch terbukti mampu meningkatkan hasil belajar (Arina, 2021). Namun sejauh ini belum dapat mengungkap dampak bahan ajar berbasis scratch terhadap kinerja otak dan daya tahan emosi peserta didik. Berdasarkan hal tersebut perlunya mengetahui proses kognitif peserta didik pada kinerja otak dan parameter emosi peserta didik selama menggunakan bahan ajar berbasis scratch dengan bantuan alat EEG. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik bahan ajar yang sesuai kebutuhan peserta didik, untuk menganalisis aktivitas otak peserta didik selama menggunakan bahan ajar digital berbasis scratch, untuk menganalisis parameter emosi peserta didik selama menggunakan bahan ajar digital berbasis scratch, untuk menganalisis perbedaan aktivitas otak peserta didik selama menggunkan bahan ajar digital berbasis scratch dan bahan ajar cetak, untuk menganalisis perbedaan parameter emosi peserta didik selama menggunkan bahan ajar digital berbasis scratch dan bahan ajar cetak.
Penelitian ini jenis penelitian kualitatif dengan perspektif educational neuroscience. Metode delphi dua putaran dilakukan untuk menentukan karakteristik bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Langkah selanjutnya dilakukan pengembangan bahan ajar dan di validasi oleh ahli. Bahan ajar yang telah dinyatakan valid kemudian dilakukan pengambilan data untuk melihat aktivitas otak dan daya tahan emosi peserta didik selama proses belajar dengan bahan ajar scratch. Fokus penelitian ini mengenai aktivitas otak dan parameter emosi peserta didik selama menggunakan bahan ajar digital scratch. Teknik keabsahan data dilakukan uji krediabilitas data, uji transferabilitas data, uji dependabilitas data, dan uji konfirmabilitas data. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara secara terstruktur, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan perbandingan tetap, kemudian menggunakan pengorganisasian data, reduksi data, kategorisasi data, simtesisasi, dan menyusyn hipotesis kerja.
Hasil penelitian ini antara lain (1) berdasarkan metode delphi dua putaran dihasilkan tujuh indikator karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dengan hasil validasi ahli sebesar 0,866 yang dinyatakan valid; (2) aktivitas otak selama menggunakan bahan ajar digital scratch menghasilkan dominasi otak kiri dengan intensitas tinggi, otak kanan dengan intensitas rendah; (3) parameter emosi selama menggunakan bahan ajar digital scratch menghasilkan tren dengan meningkatnya emosi positif dan menurunnya emosi negatif; (4) perbandingan aktivitas otak dan parameter emosi selama menggunakan bahan ajar scratch mampu mengaktifkan otak kanan dan otak kiri, sedangkan bahan ajar cetak hanya mampu mengaktifkan otak kiri; (5) perbandingan parameter emosi selama menggunakan bahan ajar scratch mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan emosi negatif, sedangkan bahan ajar cetak menurunkan emosi positif dan meningkatkan emosi negatif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar scratch terbukti mampu mengaktifkan otak kiri dan otak kanan serta mampu meningkatkan emosi positif.
Kata Kunci: Aktivitas otak, parameter emosi, bahan ajar digital berbasis scratch, electroensefalografi (EEG)
9-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA ZUL A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain