Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN WEB-MODUL PENGAYAAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA SUBMATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DENGAN MEMANFAATKAN POTENSI LOKAL DI KEBUN BIBIT SENOPATI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
‘Afifah, L.S.N. (2022). Pengembangan Web-modul Pengayaan Berbasis Scientific Approach pada Submateri Keanekaragaman Tumbuhan dengan Memanfaatkan Potensi Lokal di Kebun Bibit Senopati Kota Magelang. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata kunci: Web-modul, Keanekaragaman Tumbuhan, Anthophyta, Kebun Bibit Senopati
Pembelajaran biologi perlu mendayagunakan potensi lokal untuk mengembangkan keterampilan proses sains pada siswa. Kota Magelang memiliki potensi lokal Kebun Bibit Senopati yang memiliki beragam tumbuhan yang dapat dijadikan bahan ajar untuk submateri keanekaragaman tumbuhan. Program pengayaan di SMA Negeri 4 Kota Magelang belum memiliki bahan ajar khusus dan belum menggunakan website untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Potensi keanekaragaman tumbuhan anthophyta di Kebun Bibit Senopati dapat dikemas menjadi sumber belajar dalam bentuk web-modul pengayaan berbasis scientific approach yang lebih praktis dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman anthophyta di Kebun Bibit Senopati Kota Magelang, mengetahui kelayakan web-modul pengayaan, dan mengetahui respon guru terhadap web-modul pengayaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Reseacrh and Development (R&D) dengan model 4-D yang dibatasi pada tahap pengembangan dan dimodifikasi dengan pre-eksperiment.
Hasil observasi dan identifikasi anthophyta di Kebun Bibit Senopati, diketahui terdapat 70 spesies anthophyta yang telah teridentifikasidan dikelompokkan dalam 23 ordo. Penilaian kelayakan web-modul pengayaan dari validator ahli media sebesar 83,54%, validator ahli materi sebesar 88,5%, dan validator ahli pedagogi sebesar 81%. Kelayakan web-modul dilengkapi dengan hasil nilai N-gain yaitu dalam kategori tinggi yakni efektif sebagai bahan ajar pembelajaran pengayaan. Respon guru terhadap pengembangan web-modul yaitu sangat setuju dilengkapi dengan perolehan hasil penilaian dari guru sebesar 85,83%.
Berdasarkan hasil penelitian yaitu diketahui 70 spesies tumbuhan di Kebun Bibit Senopati dan telah dikembangkan produk bahan ajar berupa web-modul pengayaan berbasis scientific approach pada submateri keanekaragaman tumbuhan dengan memanfaatkan potensi lokal di Kebun Bibit Senopati. Web-modul pengayaan dinilai sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran pengayaan submateri keanekaragaman tumbuhan.
47-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI AFI P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain