Text
SKRIPSI SISTEM KENDALI ADAPTIF PADA LAMPU LALU LINTAS BERBASIS LOGIKA FUZZY
INTISARI
Sistem pengendalian waktu nyala lampu lalu lintas saat ini masih menggunakan pengendalian waktu yang tetap. Waktu nyala sistem lampu lalu lintas telah diatur sesuai dengan perkiraan kendaraan yang lewat kemudian aktif sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal tersebut membuat operator tidak bisa merubah waktu nyala lampu lalu lintas pada tiap arah setiap saat. Dengan begitu dapat menimbulkan kemacetan. Pada penelitian ini dirancang sistem pengendalian nyala lampu lalu lintas berdasarkan logika fuzzy. Metode yang digunakan berupa metode eksperimental dengan hasil berupa prototype sistem. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa tingkat keakurasian sensor ultrasonic sebesar 98,2% dari 9 buah sensor dengan total 63 sampel pembacaan jarak objek untuk masing-masing sensor. Prototype sistem kendali adaptif lampu lalu lintas berbasis logika fuzzy mampu menjalankan sistem sesuai dengan yang diharapkan dengan tingkat keberhasilan 100%. Sistem lampu lalu lintas memiliki pengaturan pergantian nyala lampu lalu lintas pada tiap lajur sesuai tingkat kepadatan dan kebisingan. Sistem mampu menentukan kepadatan tiap lajur meliputi, kosong, sepi, normal, dan padat. Semakin padat kendaraan dan semakin bising pada lajur maka semakin lama durasi lampu hijau menyala dan semakin sedikit jumlah kendaraan dan semakin senyap pada suatu lajur maka lama durasi lampu hijau menyala semakin sedikit.
Kata Kunci: Logika Fuzzy, Ultrasonic, Sistem Adaptif, Lampu lalu lintas untuk objek
59-UN57.U1-STE-XII-2022 | ELEKTRO ISL S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK ELEKTRO) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain