Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LUBIO (LUDO BIOLOGI) BERBASIS MASALAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI VIRUS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Kamaludin, Imron Arya. 2022. “Pengembangan Lubio (Ludo Biologi) Berbasis Masalah Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Virus dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: media pembelajaran, lubio, virus
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa ludo biologi (lubio) berbasis masalah sebagai media pembelajaran biologi pada materi virus dan menganalisis pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D dan kuasi eksperimen. Tahapan yang dilakukan meliputi 1) define (pendefinisian) 2) design (perancangan) 3) develop (pengembangan). Penelitian ini hanya sampai tahap develop saja, pada tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar validasi soal, soal tes pemahaman konsep, serta angket tanggapan guru dan siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil validasi dari ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,43 dan persentase sebesar 88,83% dengan kriteria sangat layak. (2) Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,14 dan persentase sebesar 82,85% dengan kriteria sangat layak. (3) Hasil validasi soal mendapatkan rata-rata skor 4,00 dan persentase 80,00% dengan kriteria layak. (4) Hasil uji n-gain pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dengan nilai 0,63 berkategori sedang. (5) Angket tanggapan guru tentang pengembangan lubio memperoleh rata-rata skor 4,02 dengan persentase 80,55% dengan kriteria baik dan hasil angket tanggapan siswa mendapat rata-rata skor 4,27 dan persentase 85,54% dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah lubio berbasis masalah sebagai media pembelajaran biologi pada materi virus sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Lubio juga berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas X karena memiliki rata-rata n-gain sebesar 0,63 yang artinya setela siswa menggunakan lubio yang dikembangkan, pemahaman konsep siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang.
1-UN57.U1-SPB-II-2023 | BIOLOGI KAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain