Text
SKRIPSI ANALISIS CAPAIAN STANDAR LABORATORIUM BIOLOGI DAN KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI SMA KELAS XI DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Widyasmoro, Murdhani. 2022. “Analisis Capaian Standar Laboratorium Biologi dan Keterlaksanaan Praktikum Biologi SMA Kelas XI di Kota Magelang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah M.Pd. Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata kunci:Biologi, Praktikum, Laboratorium
Laboratorium biologi merupakan aspek sangat penting dalam proses pembelajaran praktikum biologi. Dengan adanya laboratorium yang memenuhi standar maka kegiatan praktikum akan mendapatkan hasil yang maksimal. Adanya peraturan pembelajaran dari rumah akibat dampak dari pandemi Covid-19 membuat guru kesulitan dalam melaksanakan praktikum biologi dan perawatan laboratorium biologi. Pentingnya penelitian ini untuk mengetahui standar laboratorium biologi setelah tidak digunakan akibat pembelajaran dari rumah dan membandingkan praktikum biologi dari masa sebelum pandemi, pandemi dan setelah pandemi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan (1) capaian standar laboratorium biologi SMA di Kota Magelang, (2) keterlaksanaan praktikum biologi SMA kelas XI di Kota Magelang. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan populasi 6 sekolah negeri dan sekolah swasta di Kota Magelang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi laboratorium biologi untuk mengetahui standar laboratorium biologi SMA di Kota Magelang, lembar angket guru dan siswa untuk mengetahui keterlaksanaan praktikum biologi kelas XI di Kota Magelang dan pedoman wawancara untuk mengkonfirmasi data hasil lembar observasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 78,69% laboratorium biologi telah memenuhi standar yaitu berkriteria baik yang terdiri dari aspek perabot, alat peraga, alat dan bahan percobaan, media pendidikan, bahan habis pakai, perlengkapan lain dan ruang laboratorium. Dengan hasil ini berdampak pada kemampuan ilmiah siswa menjadi optimal seperti jujur, kritis, terbuka, dan lebih objektif. melakukan banyak percobaan yang tentunya menuntut untuk bersikap ilmiah. Dampak lainya guru dalam menjalankan pembelajaran praktikum biologi menjadi lebih mudah karena ditunjang dengan peralatan dan ruang laboratorium yang sesuai dengan standar. Dalam tiga (3) tahun terakhir dari tahun 2019 sampai 2021 praktikum biologi yang terlaksana sebesar 45,56%, 0% dan 18%. Dampak tidak terlaksananya praktikum biologi menyebabkan siswa menjadi rendah literasi dan sikap ilmiah. Jika dampak dari keterlaksanaan praktikum biologi terus menerus maka siswa menjadi lebih mudah menyebarkan berita bohong atau hoax yang disebabkan literasi yang kurang. Dapat lain jika terus menerus tidak ada solusi menyebabkan siswa menjadi suka berbohong karena sikap ilmiah yang rendah.
48-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI WID A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain