Text
SKRIPSI STUDI DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG DENGAN METODE ANALITIS DAN METODE NUMERIS (Studi Kasus: Proyek Jalan Tol Semarang-Demak STA 24+921)
INTISARI
Tanah di setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, maka dibutuhkan sebuah perhitungan untuk menganalisa besar daya dukung tiang pancang dengan metode yang tepat. Pada perencanaan Proyek Jalan Tol Semarang- Demak perhitungan daya dukung menggunakan metode Meyerhof, untuk itu perlu studi perhitungan dengan metode lain sehingga dapat menjadi referensi pada proses perencanaan pembangunan selanjutnya. Penelitian ini mengitung besar daya dukung secara analitis dengan data SPT metode Luciano Decourt dan Mayerhof, data Kalendering metode Hilley, Danish dan ENR serta secara numeris dengan metode Elemen Hingga, menghitung daya dukung lateral menggunakan metode Broms, dan menghitung penurunan tiang. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data sekunder dari dari PT. Pembangunan Perumahan. Hasil daya dukung aksial tiang tunggal dengan data SPT, Luciano Decourt = 799,149 Ton, Meyerhof = 637,155 ton, data Kalendering dengan metode Hilley = 475,796 Ton, Danish = 605,40 Ton, ENR = 409,259 Ton, data PDA = 302 Ton, Metode Elemen Hingga = 794,651 Ton. Perhitungan daya dukung lateral tiang tunggal dengan metode Broms diperoleh hasil secara analitis = 45,936 Ton dan grafis = 44,024 Ton. Penurunan dengan Metode Poulos & Davis = 4,867 mm, penurunan elastis tiang tunggal = 7,403 mm, penurunan PDA = 23,9 mm, dengan Metode Elemen Hingga = 30,8 mm. Perbedaan daya dukung dan penurunan tersebut disebabkan perbedaan parameter yang digunakan dalam perhitungan.
Kata Kunci : Daya Dukung, Analitis, Numeris, Penurunan Elastis
4-UN57.U1-STS-II-2023 | SIPIL PRA S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain