Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM
ABSTRAK
Armadhani, Rizkya Elsa. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Esteem”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci: CMP, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Esteem.
Sebanyak 46,15% peserta didik di MA Madarijul Huda Pati masih memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sangat rendah dan 23,07% dalam kategori rendah. Peserta didik belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis Brenner dalam aspek communication with mathematics. Peserta didik pasif dan tidak berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan, dilakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengidentifikasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) mengidentifikasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; dan (3) mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel bebas penelitian ini berupa model pembelajaran dan self esteem, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas XI MA Madarijul Huda Pati dan pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Teknik analisis data dilakukan melalui uji Anava dua jalan, dan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil uji Anava dua jalan menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Ketiga hipotesis ditolak dan dilakukan uji lanjut Anava (uji Scheffe).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; serta (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis.
1-UN57.U1-SPM-II-2023 | MATEMATIKA ARM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain