PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM

RIZKYA ELSA ARMADHANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Armadhani, Rizkya Elsa. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Self Esteem”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci: CMP, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Esteem.
Sebanyak 46,15% peserta didik di MA Madarijul Huda Pati masih memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sangat rendah dan 23,07% dalam kategori rendah. Peserta didik belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis Brenner dalam aspek communication with mathematics. Peserta didik pasif dan tidak berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan, dilakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengidentifikasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) mengidentifikasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; dan (3) mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel bebas penelitian ini berupa model pembelajaran dan self esteem, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas XI MA Madarijul Huda Pati dan pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Teknik analisis data dilakukan melalui uji Anava dua jalan, dan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil uji Anava dua jalan menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Ketiga hipotesis ditolak dan dilakukan uji lanjut Anava (uji Scheffe).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem sedang, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem sedang lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah, dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan self esteem tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan self esteem rendah; serta (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis.


Ketersediaan
1-UN57.U1-SPM-II-2023MATEMATIKA ARM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ARM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVIII;111HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, BAB V
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik