Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN PjBL BERBASIS BIOECOPRENEURSHIP PADA SUB MATERI LIMBAH TERHADAP MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Kumalawati, April Lia. 2022. “Pengaruh Pembelajaran PjBL Berbasis Bioecopreneurship Pada Sub Materi Limbah Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang”. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bioecopreneurship, motivasi, kreativitas belajar
Proses pendidikan tidak hanya membangun kecerdasan dan keterampilan saja melainkan juga membentuk sikap agar siswa berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Proses pembelajaran akan berhasil apabila siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Selain motivasi kreativitas juga sangat penting, karena kreativitas merupakan kemampuan proses yang memicu dan merealisasikan ide-ide atau gagasan dalam bentuk produk nyata yang memiliki kualitas tinggi. Berdasarkan observasi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang menunjukkan fakta, bahwa untuk pembelajaran biologi masih berorientasi pada penyampaian materi dan lebih terfokus pada bidang akademik. Untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas dalam pembelajaran biologi, perlu dilakukan penerapan model pembelajaran yang baru. Salah satu pembelajaran yang dapat membantu yaitu dengan menerapkan model pembelajaran PjBL dengan dipadukan bioecopreneruship didalamnya. Rumusan dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran PjBL berbasis bioecopreneurship pada sub materi limbah terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran pjbl berbasis bioecopreneurship pada sub materi limbah terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pretest and Post-test Nonequivalent Control Group Design. Adapun yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa-siswi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Terdapat dua instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen pelaksanaan (silabus, RPP, lembar kerja) dan instrumen pengukuran (angket yang terdiri angket motivasi dan angket kreativitas serta lembar wawancara). Berdasarkan hasil rata-rata post-test di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata nilai post-test di kelompok kontrol. Hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji paired t-test yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat pengaruh pembelajaran PjBL berbasis bioecopreneurship terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang.
4-UN57.U1-SPB-II-2023 | BIOLOGI KUM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain