PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 11 MAGELANG

SULISTIO BUDI - Nama Orang;

ABSTRAK
Budi, Sulistio. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; LKPD; Model PBL
Kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu Kemampuan Berpikir Kritis (KBK). Kemampuan tersebut membantu peserta didik mendalami materi baru dan mengaitkan yang telah diketahui dengan mengembangkan pola berpikir, gagasan, dan kesimpulan dalam menyelesaikan masalah. Hasil tes KBK peserta didik SMP Negeri 11 Magelang menunjukkan bahwa KBK peserta didik tergolong sangat rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik belum bisa menyampaikan yang belum dipahami dan merasa kesulitan menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah, peserta pembelajaran yang diterapkan berpusat pada guru, sehingga pembelajaran cenderung pasif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan dan keaktifan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model PBL berbantuan LKPD.
Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan ketuntasan belajar model PBL berbantuan LKPD terhadap KBK peserta didik dan mendeskripsikan ketuntasan belajar model pembelajaran langsung terhadap KBK peserta didik. Tujuan lainnya adalah menganalisis perbedaan antara KBK peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL berbantuan LKPD dengan KBK peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Desain penelitian berupa kuasi eksperimen yaitu the nonequivalent posttest-only control group dengan teknik cluster random sampling. Adapun kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII B dan kelas kontrol yaitu kelas VII C. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket validasi, perangkat pembelajaran, dan soal tes KBK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa KBK kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa KBK kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan KBK kelas eksperimen lebih efektif daripada KBK kelas kontrol.
Kesimpulan yang didapatkan adalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD terhadap KBK dikatakan efektif dengan memperoleh ketuntasan belajar telah mencapai 75%. Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung terhadap KBK dikatakan tidak efektif dengan memperoleh ketuntasan belajar belum mencapai 75%. KBK peserta didik yang diajar menggunakan model PBL berbantuan LKPD lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran langsung.


Ketersediaan
2-UN57.U1-SPM-II-2023MATEMATIKA BUD E 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA BUD E 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;108HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik