Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK DI SMA N 1 MUNTILAN
ABSTRAK
Susanti, Sari Dewi 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tigkat Tinggi Peserta Didik di SMA N 1 Muntilan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata kunci: LKPD, model 4-D,Problem Based Learning,berpikir tingkat tinggi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi yang belum optimal. Hal ini karena proses pembelajaran lebih berpusat pada guru, penggunaan LKPD yang belum berbasis Problem Based Learning dan tampilan LKPD masih sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning sesuai dengan penilaian para ahli dan mengetahui keefektifan LKPD terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan diterapkannya LKPD berbasis Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (desain) Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap ketiga yaitu Develop. Penelitian ini diujicobakan secara quasi eksperimentdengan non equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan uji validitas. Hasil uji validitas oleh ahli materi memeperoleh presentase sebesar 96,15% (sangat layak) dan ahli media 76,92% (layak). Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi dilakukan uji t dan uji N-Gain. Analisis uji t hasil leterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh sig. sebesar 0,000 terlihat bahwa nilai sig. < 0,05 maka H0ditolak. Hasil analisis uji gain ternomalisasi diperoleh rata-rata N-Gain keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 0,53 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,22. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif terhadap peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
5-UN57.U1-SPB-II-2023 | BIOLOGI SUS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain