Text
SKRIPSI REDUKSI EMISI DAN PENINGKATAN UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH DENGAN PENAMBAHAN ETANOL 99 %
ABSTRAK
Penggunaan bahan bakar umum secara terus menerus di era semakin berkembangnya teknologi dalam bidang otomotif ini akan menyebabkan kelangkaan pada bahan bakar umum itu sendiri dan di era ini kita harus mampu memanfaatkan bahan bakar alternatif yang bisa di gunakan untuk pengganti atau campuran bahan bakar umum. Untuk itu dilakukanlah penelitian tentang sumber energi baru terbarukan, diantaranya adalah etanol. Metodologi penelitian ini dilakukan secara experimental pada motor satria fu 150 cc dengan bahan bakar pertalite, E5,E10, dan E20 dan dibandingkan dengan bahan bakar pertamax di bengkel otomotif Dyno OP27 Magelang, untuk mengetahui pengaruh daya dan torsi menggunakan dynotest, sedangkan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer dan dilakukan di Dishub kota magelang. Data hasil pengujian dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasil-hasil pengujian dalam bentuk grafik dan tabel. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan penggunaan variasi pertamax dan campuran bahan bakar pertalite, E5, E10, dan E20 didapat kesimpulan bahwa variasi campuran bahan bakar pertalite etanol E20 (20% etanol dan 80% pertalite) menghasilkan ujuk kerja yang baik, pada sepeda motor satria fu 150 cc, daya maksimum dicapai 11,2 hp putaran 7000 rpm, dan torsi maksimum dicapai pada 11,4 Nm putaran 7000 rpm. Untuk emisi gas buang yang paling ramah lingkungan pada E20 dengan kadar CO 0,189 % dan HC 0,179 ppm.
16-UN57.U1-STM-II-2023 | MESIN RIF R 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain