Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI BERMUATAN BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Pandhulu, Huni Wejang Atur. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Bermuatan Budaya Lokal Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Mashud Syahroni S.Pd., M.Pd.
Keterampilan menulis teks deskripsi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik sebagai salah satu bentuk aplikasi dari empat keterampilan berbahasa. Salah satu permasalahan yang ditemui pada pembelajaran teks deskripsi khususnya pada kelas VII di SMP Negeri 1 Candiroto adalah penggunaan bahan ajar yang masih bergantung pada bahan ajar terbitan pemerintah serta kurangnya pemahaman peserta didik akan arti budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan awal, mengembangkan bahan ajar, serta memperoleh kelayakan bahan ajar teks deskripsi bermuatan budaya lokal untuk peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Candiroto Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara kebutuhan awal bahan ajar, dan angket mengenai kelayakan bahan ajar cetak berupa modul dengan materi teks deskripsi untuk siswa kelas VII SMP, dengan perolehan data hasil validasi yang dikembangkan dalam kategori baik (B) dan dinyatakan layak untuk digunakan.
Kata kunci: bahan ajar, budaya lokal, modul.
95-UN57.U1-SIN-XII-2022 | INDONESIA PAN P 2022 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain