Text
SKRIPSI ANALISIS MODEL BISNIS UMKM RAMOE KOPI
ABSTRAK
Pandemi covid-19 menyebabkan sektor UMKM di Indonesia mengalami penurunan penjualan dan berdampak pada penurunan perekonomian nasional. Salah satu UMKM yang mengalami dampak dari pandemi ini adalah UMKM Ramoe Kopi. Ramoe Kopi adalah UMKM yang bergerak pada bidang pengolahan kopi yang memiliki jangkauan bisnis di sekitar Kabupaten Temanggung. Persaingan dalam bisnis pengolahan kopi yang semakin ketat dan perubahan akibat pandemi covid-19 mengharuskan Ramoe Kopi untuk menganalisis dan mengembangkan model bisnis yang dimilikinya saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi menggunakan pendekatan model bisnis kanvas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan kuesioner, serta data sekunder yang diambil dari jurnal, buku, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis BMC (Business Model Canvas) dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat) yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi bisnis saat ini dan perumusan strategi bisnis Ramoe Kopi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa strategi yang tepat untuk mendukung perbaikan BMC yaitu strategi SO dan diperlukan adanya pengembangan pada model bisnis kanvas yaitu pada blok segmen pelanggan, proposisi nilai, hubungan pelanggan, aktivitas kunci, sumber daya utama, mitra utama, dan struktur biaya.
Kata kunci : UMKM Kopi, BMC, SWOT.
2-UN57.U1-SMJ-II-2023 | MANAJEMEN NUH A 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain