Text
SKRIPSI JENIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PARAGRAF DALAM RUBRIK KOMBIS MAGELANG EKSPRES SERTA FORMULASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA
ABSTRAK
Nugroho, R. A. (2022). "Jenis Kesalahan Berbahasa pada Paragraf dalam Rubrik Kombis Magelang Ekspres serta Formulasinya sebagai Bahan Ajar di SMA".Skripsi.Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar.
Penelitian tentang jenis kesalahan berbahasa pada paragraf dalam Rubrik Kombis Magelang Ekspres periode 25 Februari sampai 25 Maret 2021, dilatarbelakangi oleh salah satu struktur dan kebahasaan teks prosedur, yaitu mengenai materi ajar kesalahan berbahasa yang berupa ejaan bahasa Indonesia. Materi tentang kesalahan berbahasa dalam pembelajaran struktur dan kebahasaan di SMA terutama teks prosedur masih sangat minim. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian mengenai paragraf dalam rubrik Kombis Magelang Ekspres yang mengandung berbagai jenis kesalahan berbahasa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk memperoleh jenis kesalahan berbahasa yang terdapat pada paragraf dalam rubrik Kombis Magelang Ekspres periode 25 Februari sampai 25 Maret 2021, dan menghasilkan bahan ajar berbentuk handout bagi kelas XI di SMA. Tinjauan pustaka sebagai dasar untuk pembaruan penelitian. Kerangka teoretis untuk memecahkan masalah tersebut, yaitu konsep tentang wacana, paragraf, kesalahan paragraf, EYD, kesalahan berbahasa, dan pembelajaran bahasa. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode preskriptif. Subjek penelitian, yaitu jenis kesalahan berbahasa pada paragraf dalam rubrik Kombis Magelang Ekspres periode 25 Februari sampai 25 Maret 2021. Wujud data dalam penelitian ini adalah paragraf yang mengandung kesalahan. Metode dan teknik dalam penyediaan data yang digunakan ialah metode simak dan teknik catat. Sementara itu, metode dan teknik analisis data berupa metode agih dan teknik komparatif. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan adanya jenis kesalahan berbahasa. Terdapat enam jenis kesalahan berbahasa, yaitu (1) kesalahan penulisan huruf kapital, (2) kesalahan penulisan huruf miring, (3) kesalahan penulisan lambang bilangan, (4) kesalahan penulisan unsur serapan, (5) kesalahan penulisan tanda baca, dan (6) kesalahan penulisan kata. Namun, masih terdapat beberapa kesalahan yang berkaitan dengan keenam aspek tersebut. Dari segi kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan yang ditemukan diantaranya ialah kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama dalam ungkapan hal-hal keagamaan, kitab suci, nama Tuhan. Dari segi kesalahan penulisan huruf miring, kesalahan yang ditemukan berupa kesalahan penulisan huruf miring untuk istilah asing dan penggunaan bahasa daerah, serta kesalahan penulisan huruf miring untuk menulis alamat website atau sebuah link yang ditulis dalam kalimat. Dari segi kesalahan penulisan lambang bilangan, kesalahan yang ditemukan ialah kesalahan penulisan lambang bilangan satu digit ditulis angka dan kesalahan penulisan lambang bilangan di awal kalimat. Dari segi kesalahan penulisan unsur serapan, ditemukan adanya kesalahan penulisan huruf dan kesalahan penulisan istilah asing yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Dari segi kesalahan penulisan tanda baca, kesalahan yang ditemukan adalah kesalahan penulisan tanda titik (.), kesalahan penulisan tanda koma (,), kesalahan penulisan tanda hubung (-). Kemudian dari segi kesalahan penulisan kata, kesalahan yang ditemukan ialah kesalahan penulisan kata tidak baku, kesalahan susunan kata, kesalahan penulisan kata tidak tepat, dan kesalahan penulisan kata penghubung (konjungsi). Dengan demikian, temuan dari penelitian ini di formulasikan sebagai bahan ajar berbentuk handout untuk kelas XI SMA yang disesuaikan dengan KD 3.2 dan KD 4.2. Materi yang terdapat dalam handout berdasarkan pada hasil penelitian mengenai jenis kesalahan berbahasa pada paragraf dalam Rubrik Kombis Magelang Ekspres. Saran bagi pendidik agar dapat menyampaikan materi pembelajaran secara inovatif dan kreatif. Bagi peserta didik agar dapat memahami materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kata kunci: kesalahan berbahasa, paragraf, pembelajaran, dan surat kabar
96-UN57.U1-SIN-XII-2022 | INDONESIA NUG J 2022 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain