Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU DENGAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Nafisah, Lutfiatun. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dipadu Dengan Game Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP 11 Negeri Magelang mempunyai permasalahan utama yaitu motivasi belajar IPA siswa rendah selama masa transisi pembelajaran daring menjadi pembelajaran luring sehingga hasil belajar kognitif siswa menjadi menurun yang dibuktikan dengan masih terdapat banyak siswa yang nilainya belum memenuhi target ketuntasan belajar minimal. Berdasarkan hal tersebut, perlunya perubahan atau suatu inovasi dalam mendesain model pembelajaran yang lebih menarik, sehingga siswa semakin termotivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa menjadi meningkat.
Penelitian memiliki tujuan yang mencakup : (1) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan motivasi siswa SMP; (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP; (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall.
Penelitian ini mempergunakan penelitian kuasi eksperimen dengan model desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini memakai pola desain 2 kelompok yang meliputi kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini yakni siswa SMP Negeri 11 Magelang Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 2 kelas. Penelitian ini dalam mengambil sampel memakai teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar dengan kategori sedang; (2) penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar konitif siswa dengan kategori sedang; (3) ada pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall.
Kata Kunci : Guided inquiry, game based learning, hasil belajar kognitif, motivasi, wordwall
11-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA NAF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain