PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU DENGAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA SMP

LUTFIATUN NAFISAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Nafisah, Lutfiatun. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dipadu Dengan Game Based Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP 11 Negeri Magelang mempunyai permasalahan utama yaitu motivasi belajar IPA siswa rendah selama masa transisi pembelajaran daring menjadi pembelajaran luring sehingga hasil belajar kognitif siswa menjadi menurun yang dibuktikan dengan masih terdapat banyak siswa yang nilainya belum memenuhi target ketuntasan belajar minimal. Berdasarkan hal tersebut, perlunya perubahan atau suatu inovasi dalam mendesain model pembelajaran yang lebih menarik, sehingga siswa semakin termotivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa menjadi meningkat.
Penelitian memiliki tujuan yang mencakup : (1) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan motivasi siswa SMP; (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa SMP; (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall.
Penelitian ini mempergunakan penelitian kuasi eksperimen dengan model desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Penelitian ini memakai pola desain 2 kelompok yang meliputi kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini yakni siswa SMP Negeri 11 Magelang Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023 sejumlah 2 kelas. Penelitian ini dalam mengambil sampel memakai teknik simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar dengan kategori sedang; (2) penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar konitif siswa dengan kategori sedang; (3) ada pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam penerapan model pembelajaran guided inquiry dipadu dengan game based learning berbantuan aplikasi wordwall.
Kata Kunci : Guided inquiry, game based learning, hasil belajar kognitif, motivasi, wordwall


Ketersediaan
11-UN57.U1-SI-II-2023IPA NAF P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NAF P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;101HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik