PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RIAS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA TEMA KRISIS LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 1 MAGELANG

DINA NAVITRI - Nama Orang;

ABSTRAK
Navitri, Dina. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran RIAS Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Tema Krisis Lingkungan Hidup di SMP Negeri 1 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing 1 Dr. Ahmad Muhlisin., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan komunikasi siswa adalah kemampuan dalam menyampaikan hasil pemikirannya secara lisan maupun tertulis kepada orang lain dengan tujuan orang lain dapat mengerti dan dapat menemukan solusi untuk suatu masalah. Pentingnya kemampuan komunikasi berlawanan dengan kondisi pembelajaran siswa di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi siswa yakni dengan penerapan model pembelajaran RIAS. Sintaks dari pembelajaran RIAS meliputi reading, identification, analysis, and self reflection dimana setiap sintaks diharapkan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran RIAS terhadap kemampuan komunikasi siswa pada tema krisis lingkungan alam di SMP Negeri 1 Magelang. Pretest Posttest Control Group Design merupakan salah satu bentuk metodologi kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang memuat indikator kemampuan komunikasi dengan jumlah soal ada delapan soal dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data dengan uji T menunjukkan bahwa nilai 0,000 < 0,05 yang bermakna terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji N-Gain pada kelas eskperimen didapatkan sebesar 0,6545 dan 0,4109 pada kelas kontrol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran RIAS efektif terhadap kemampuan komunikasi siswa.
Kata Kunci: RIAS, kemampuan komunikasi, keefektifan


Ketersediaan
10-UN57.U1-SI-II-2023IPA NAV K 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NAV K 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;56HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik