Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
ABSTRAK
Solihati, A. 2023. “Pengembangan E-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Program Linear untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Realistic Mathematics Eduacation (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah
Sejak terjangkit pandemi Covid-19, tuntutan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan semakin tinggi. Pembelajaran jarak jauh menuntut inovasi media pembelajaran. Bahan ajar yang yang digunakan perlu memanfaatkan media digital agar lebih fleksibel digunakan dalam pembelajaran. Salah satu kemampuan matematis yang tergolong penting adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Akan tetapi berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang dilakukan, kemampuan peserta didik masih tergolong rendah sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu opsinya adalah dengan mengembangkan ELKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Berdasarkan uraian latar belakang di atas, ditentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi program linear. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, yaitu dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian di lakukan di SMAN 2 Grabag. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4. Penelitian dilakukan dengan menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design, yakni kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini yakni produk E-LKPD yang sangat valid berdasarkan penilaian validator materi dengan persentase 93,3% dan penilaian validator media dengan persentase 88,9%. Produk E-LKPD yang dikembangkan juga memenuhi kriteria sangat praktis, dengan skor respon peserta didik sebesar 80,9% dan respon guru sebesar 90,7%. Lebih lanjut, produk E-LKPD juga dinyatakan efektif dengan adanya perbedaan uji rata-rata pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, simpulan yang dapat ditarik adalah E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. E-LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran.
3-UN57.U1-SPM-II-2023 | MATEMATIKA SOL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain