Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SAVITRI WEDDING SEBAGAI SUSTAINABLE BUSINESS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
ABSTRAK
Selama 3 tahun terakhir sustainable living menjadi tren yang semakin meluas dan diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Adanya tren ini memunculkan brand yang menyediakan produk dengan label ramah lingkungan. Rata-rata produk tersebut dipasarkan dengan harga yang mahal. Meskipun demikian, brand dengan konsep sustainable tetap harus bertahan dan bersaing dengan brand lainnya agar mereka dapat mengkomunikasikan nilai dan tujuan mereka. Hal ini berlaku juga dengan jasa wedding organizer bernama Savitri Wedding sebagai sustainable business Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasran yang digunakan oleh brand Savitri Wedding sebagai sustainable business melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Savitri Wedding melakukan enam strategi komunikasi pemasaran di media sosial Instagram yakni promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat & publikasi, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, serta pemasaran dari mulut ke mulut. Untuk memaksimalkan strategi komunikasi pemasaran tersebut, Savitri Wedding juga menggunakan strategi pesan dan strategi media sesuai dengan konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif oleh Machfoedz. Dalam strategi pesan Savitri Wedding membagi menjadi empat kategori pesan sesuai dengan tujuan mereka sebagai sustainable business dan menggunakan daya tarik rasional dan emosional. Dalam strategi media Savitri Wedding menggunakan Instagram sebagai platform utama karena dinilai sesuai dengan target audiensnya serta memanfaatkan celah konsumen untuk memaksimalkan respon dari audiens. Adapun fitur-fitur Instagram yang digunakan Savitri Wedding untuk memaksimalkan kegiatan strategi komunikasi yang mereka jalankan yaitu fitur posting, caption,, hashtag, tag location, guide Instagram, Instagram story, siaran langsung, Instagram shop, direct massage, reels, bio Instagram, dan mention.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Sustainable, Strategi Pesan, Strategi Media
6-UN57.U1-SIK-III-2023 | KOMUNIKASI SAP S 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain