Text
SKRIPSI EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI EDUCATIONAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS WEEKND PLANNER
ABSTRAK
(Yusty Adibah Pratiwi, 2023)
EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI EDUCATIONAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS WEEKND PLANNER
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Merambahnya perusahaan jasa wedding organizer, mengharuskan para pelaku usaha untuk menciptakan strategi komunikasi pemasaran semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian khayalaknya. Weeknd Planner sebagai salah satu perusahaan jasa wedding organizer di Kota Magelang, mencoba menyuguhkan hal baru dalam strategi komunikasi pemasaran melalui educational marketing. Melalui educational marketing dalam bentuk permainan Rumah Tangga ini, diharapkan dapat meningkatkan brand awareness dari Weeknd Planner. Namun program educational marketing ini belum bisa berjalan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan minimnya antusias dari khalayak terhadap permainan Rumah Tangga tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Weeknd Planner dalam membangun brand awareness melalui educational marketing, menggunakan metode penelitian evaluatif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini yang dilakukan melalui anailisis SWOT pada elemen strategi komunikasi pemasaran (SMCR) menunjukkan bahwa dalam setiap elemen strategi komunikasi pemasaran tersebut masih terdapat hambatan dan kekurangan yang mengakibatkan tidak maksimalnya strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap brand awareness yang didapatkan oleh Weeknd Planner, dimana diketahui bahwa educational marketing yang dilakukan belum sepenuhnya meningkatkan awareness Weeknd Planner pada tahapan top of mind.
Kata Kunci: Evaluasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Educational Marketing, Brand Awareness, Analisis SWOT, Elemen SMCR.
8-UN57.U1-SIK-III-2023 | KOMUNIKASI PRA E 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain