Text
SKRIPSI RESPONSIVITAS LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (LO DIY) DALAM MENANGANI LAPORAN MALADMINISTRASI DI KOTA YOGYAKARTA
ABSTRAK
RESPONSIVITAS LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (LO DIY) DALAM MENANGANI LAPORAN MALADMINISTRASI DI KOTA YOGYAKARTA
Halilintar Oriza Trianda Sena (1810201100)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) merupakan lembaga yang dibentuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Lembaga ini dibentuk atas keingana Raja Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X yang bertujuan untuk mengawasi jalannya pemerintahan yang dipimpin beliau. Sebagian besar keluhan masyarakat membahas tentang penyimpangan pelayanan publik oleh penyelenggara pelayanan publik atau biasa disebut maladministrasi. LO DIY selaku lembaga pengawas penyelenggaraan pelayanan publik memiliki tanggung jawab dalam menangani laporan maladministrasi agar terselenggaranya pemerintahan yang baik (good governance) di Provinsi DIY. Oleh karena itu, LO DIY harus memiliki responsivitas (daya tanggap) yang baik dalam menangani ataupun menyelesaikan kasus yang ditangani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resposivitas Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menangani laporan maladministrasi di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasar dari informan dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah teknik Purposive Sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian peneliti menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian berdasarkan 6 Indikator yang dikemukakan oleh Zeithaml sebagai berikut; petugas LO DIY sudah memberikan respon serta pelayanan sesuai yang dibutuhkan pemohon, LO DIY memberikan pelayanan dengan cepat, petugas LO DIY melakukan pelayanan dengan tepat, petugas LO DIY memberikan pelayanan dengan cermat, petugas LO DIY memberika pelayanan dengan waktu yang tepat, semua keluhan pemohon direspon dengan baik oleh petugas LO DIY.
Kata kunci: Responsivitas, Lembaga Ombudsman, Maladministrasi
17-UN57.U1-SSP-III-2023 | FISIPOL SEN R 2023 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain