Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
ABSTRAK
Restiani, Shinta. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Aplikasi Animaker Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Pemecahan Masalah”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Observasi yang dilakukan pada SMP N 2 Muntilan ditemukan bahwa keaktifan siswa di dalam kelas rendah. Penyebabnya adalah minim rasa percaya diri siswa saat pembelajaran, kurangnya wadah untuk siswa mengemukakan pendapatnya saat kegiatan belajar, serta kegiatan belajar berfokus pada guru. Akibatnya kurang keterampilan pemecahan masalah siswa karena guru kurang memberikan beragam permasalahan. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi animaker dalam meningkatkan keaktufan siswa. (2) untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi animaker efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahn masalah. (3) untuk mengetahui apakah keaktifan mempengaruhi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi animaker. Metode yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain nonequivalent control group design. Hipotesis I menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0.042 < 0.05 sehingga dapat dikatakan Ha diterima. Hipotesis II menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan bahwa signifikansi 0.038 < 0.05 dapat dikatakan bahwa Ha diterima. Hipotesis III menggunakan uji kolerasi dan regresi menujukkan nilai signifikansi 0.014 < 0.05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini (1) Terdapat perbedaan peningkatan keaktifan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi animaker. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan apikasi animaker. (3) Pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah dilihat dari hasil uji kolerasi dan regresi sebesar 0.014, berarti keaktifan siswa mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah, sehingga model pembelajaran SAVI berbantuan aplikasi animaker efektif.
Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aplikasi Animaker, Model Pembelajaran SAVI
12-UN57.U1-SI-IV-2023 | IPA RES E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain