PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

DESTI FARICHAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Farichah, Desti. (2023). “Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih `Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah, Lingkungan
Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes awal, siswa kelas VII SMP N 12 Magelang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Diperlukan pembelajaran matematika yang tidak abstrak dan berkaitan dengan kehidupan nyata. Penggunaan model RME berbasis lingkungan adalah salah satu upayanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketercapaian ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII yang diajar menggunakan model RME berbasis lingkungan dan model pembelajaran langsung, menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran RME berbasis lingkungan lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen sebagai metodenya. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Hasil pengujian proporsi kelas eksperimen dengan z hitung 2,74 dan – ztabel - 1,64 dan kelas kontrol dengan z hitung 0,224 dan –z tabel -1,64 menunjukkan bahwa H0 diterima dan 75% siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran RME berbasis lingkungan mencapai ketuntasan belajar. Uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 3,109 dan nilai ttabel adalah 1,67356, sehingga H0 ditolak. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran RME berbasis lingkungan lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu proporsi nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan dan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan belajar telah mencapai 75%. Pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran RME berbasis lingkungan lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung.


Ketersediaan
6-UN57.U1-SPM-IV-2023MATEMATIKA FAR I 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FAR I 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;82HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik