Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
ABSTRAK
Fadhilatullathifi, Z.N. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan literasi matematika adalah kemampuan individu menggunakan penalaran secara matematis dengan merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan matematika dalam kehidupan nyata. Selain itu, literasi matematika melibatkan tujuh hal penting dalam proses matematika, yaitu communication, mathematising representation, reasoning and argument, devising strategies for solving problems, using symbolic, and using mathematics tools. Pada kenyataannya, kemampuan tersebut pada siswa kelas VIII MTs N 1 Kota Magelang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan rerata kemampuan literasi matematika menggunakan model Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan model pembelajaran langsung. Selain itu juga, penelitian ini untuk melihat seberapa efektif model Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) untuk melihat ada apa tindaknya peningkatkan kemampuan literasi matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui desain quasi experimental pretest posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTs N 1 Kota Magelang, sedangkan sampel dipilih melalui cluster random sampling dan terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi matematika dalam bentuk pretest dan posttest. Sebelum pengujian hipotesis data terlebih dahulu di uji homogenitas menggunakan uji homogeneity of variances dan normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk. Selanjutnya untuk menguji hipotesis data dianalisis dengan uji Independent sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) model pembelajaran SQ4R lebih efektif dari pada model pembelajaran langsung; dan 2) ada peningkatan secara efektif kemampuan literasi matematika yang diajar model SQ4R pada materi SPLDV. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan model SQ4R efektif terhadap kemampuan literasi matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Kata Kunci: Efektivitas Model, Model Pembelajaran SQ4R, Kemampuan Literasi Matematika.
5-UN57.U1-SPM-IV-2023 | MATEMATIKA FAD E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain