Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN LKPD MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI STATISTIKA
ABSTRAK
Yulanta, A.W. 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan LKPD Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Materi Statistika”. Skripsi. Program Studi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Aprillia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, LKPD Mind Mapping, Project Based Learning, Statistika.
Pada abad ke-21, peserta didik harus memiliki inovasi, keterampilan belajar, juga keterampilan untuk menggunakan teknologi dan media informasi, pendidikan menjadi suatu unsur penting dalam menjamin ketrampilan tersebut. Meningkatkan kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu tuntutan untuk mewujudkan keahlian pada abad ke-21. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan LKPD Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kemampuan literasi numerasi peserta didik antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL LKPD Mind Mapping dengan kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL materi statistika kelas VIII. Selain itu, menganalisis peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping materi statistika kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa desain eksperimen semu. Bentuk eksperimen semu yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, dengan membandingkan dua sampel dari kelas VIII SMP N 9 Magelang yang dipilih secara acak. Hasil posttest perhitungan uji Mann Whitney diperoleh nilai Zhitung = −7,07 < Ztabel = 1,960 mengakibatkan H0 ditolak yang artinya kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping lebih baik daripada kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL. Kemudian nilai rata – rata NGain yaitu 0,30 sehingga membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan PjBL dengan LKPD Mind Mapping pada materi statistika kelas VIII dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping lebih baik daripada kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL pada materi statistika kelas VIII SMP, dan terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan dengan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping pada materi statistika kelas VIII dengan kategori sedang.
7-UN57.U1-SPM-V-2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain