PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN LKPD MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI STATISTIKA

ALFIDA WIDYA YULANTA - Nama Orang;

ABSTRAK
Yulanta, A.W. 2023 “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan LKPD Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Materi Statistika”. Skripsi. Program Studi. Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Aprillia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, LKPD Mind Mapping, Project Based Learning, Statistika.
Pada abad ke-21, peserta didik harus memiliki inovasi, keterampilan belajar, juga keterampilan untuk menggunakan teknologi dan media informasi, pendidikan menjadi suatu unsur penting dalam menjamin ketrampilan tersebut. Meningkatkan kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu tuntutan untuk mewujudkan keahlian pada abad ke-21. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dengan LKPD Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kemampuan literasi numerasi peserta didik antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL LKPD Mind Mapping dengan kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL materi statistika kelas VIII. Selain itu, menganalisis peningkatan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping materi statistika kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa desain eksperimen semu. Bentuk eksperimen semu yang digunakan yaitu nonequivalent control group design, dengan membandingkan dua sampel dari kelas VIII SMP N 9 Magelang yang dipilih secara acak. Hasil posttest perhitungan uji Mann Whitney diperoleh nilai Zhitung = −7,07 < Ztabel = 1,960 mengakibatkan H0 ditolak yang artinya kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping lebih baik daripada kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL. Kemudian nilai rata – rata NGain yaitu 0,30 sehingga membuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan PjBL dengan LKPD Mind Mapping pada materi statistika kelas VIII dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping lebih baik daripada kemampuan literasi numerasi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL pada materi statistika kelas VIII SMP, dan terdapat peningkatan kemampuan literasi numerasi yang diajarkan dengan model pembelajaran PjBL dengan LKPD Mind Mapping pada materi statistika kelas VIII dengan kategori sedang.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) Belum memasukkan lokasi
7-UN57.U1-SPM-V-2023
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA YUL P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVII;81HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?