Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP
ABSTRAK
Mudrikah, Ismi. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan literasi sains merupakan keterampilan penting dalam menggunakan pengetahuan tentang sains agar dapat menjawab pertanyaan, mendapatkan ilmu baru, menerangkan fenomena ilmiah dan memperoleh kesimpulan didasarkan bukti yang berkaitan dengan sains. Pentingnya kemampuan literasi sains bertolak belakang dengan kondisi di lapangan yang ada. Beberapa penelitian menyebutkan kemampuan literasi sains dapat ditingkatkan melalui model berbasis penemuan atau inkuiri. Selanjutnya pendekatan kontekstual dipercaya memberikan perubahan baik terhadap kapabilitas literasi sains sehingga perlu digunakan sebagai konteks masalah dalam pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model inkuiri berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Magelang. Sampel penelitian meliputi kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji anava satu jalur yaitu 0,00 < 0,05 artinya ada perbedaan nilai dari ketiga kelas. Hasil uji N-gain kelas eksperimen I sebesar 0,53 kategori sedang dan kelas eksperimen II sebesar 0,41 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 0,17 kategori rendah. Hasil uji effect size pada kelas eksperimen I terhadap kelas kontrol pengaruh tinggi sebesar 1,61, pengaruh sedang pada kelas eksperimen I terhadap kelas eksperimen II sebesar 0,81 dan kelas eksperimen II terhadap kelas kontrol sebesar 0,79. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual efektif terhadap kemampuan literasi sains siswa.
Kata Kunci: inkuiri, kontekstual, kemampuan literasi sains, keefektifan
14-UN57.U1-SI-V-2023 | IPA MUD K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain