Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM SARAF SISWA KELAS XI MAN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Rohmah, Rizma Nur. 2023. “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Sistem Saraf Siswa Kelas XI MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M. Pd., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, M. Pd.
Kata Kunci: discovey learning, keterampilan metakognitif, pemahaman konsep
Penelitian ini didasari oleh adanya kesenjangan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran di kelas XI MAN Temanggung. Teacher centered mendominasi dan keberhasilan capaian kriteria ketuntasan minimal pemahaman konsep siswa pada tahun 2021/2022 sebesar 43%. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep yang masih belum memuaskan. Selanjutnya, keterampilan metakognitif belum cukup diberdayakan yang juga ditandai dari dampaknya, yakni ketepatan siswa dalam menjawab soal. Siswa belum dapat mencermati soal atau mengelaborasikan pengetahuan dengan baik, sehingga berdampak pada hasil jawaban siswa yang belum tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas XI MAN Temanggung pada sub materi sistem saraf. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan model non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Satu kelompok diterapkan model discovery learning, kemudian kelompok lainnya diterapkan model konvensional. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji analisis kovarian. Hasil temuan dari penelitian ini berupa kedua data berdistribusi normal dan homogen. Namun hasil uji hipotesis penelitiannya menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,325 untuk model discovery learning tehadap keterampilan metakognitf. Sementara untuk nilai signifikansi dari model discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa adalah sebesar 0,422. Keduanya melebihi taraf signifikansi sehingga dapat diambil keputusan bahwa H0 diterima, artinya tidak ada pengaruh yang signfikan dari model discovery learning terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep. Kemudian terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan metakogitif dan pemahaman konsep, yakni tidak terlaksananya sintak generalisasi pada model discovery learning, tidak berkonsentrasinya siswa, waktu, validasi instrumen soal, belum terbiasanya siswa menggunakan model discovery learning, serta minat dan motivasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak adanya pengaruh dari model discovery learning terhadap keterampilan metakognitif dan pemahaman konsep siswa kelas XI MAN Temanggung pada sub materi sistem saraf.
11-UN57.U1-SPB-V-2023 | BIOLOGI ROH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain