PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SERTA PENGARUH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MAGELANG

YOGA ADITYA YULIANTO - Nama Orang;

ABSTRAK
Yulianto, Yoga Aditya. 2023. “Penerapan Modul Berbasis PBL pada Materi Keanekaragaman Hayati serta Pengaruh terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata kunci : Modul PBL, Motivasi, Hasil Belajar
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul berbasis PBL pada materi pembelajaran Keanekaragaman Hayati. Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul berbasis PBL pada materi pembelajaran keanekaragaman hayati terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA N 5 Magelang dan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul berbasis PBL pada materi pembelajaran Keanekaragaman Hayati terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA N 5 Magelang. Jenis penelitian pengembangan ADDIE dengan quasi eksperimen. Penelitian ini merupakan mix method. Hasil penelitian ini yaitu modul berbasis PBL pada materi ekanekaragaman hayati berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X. Kelayakan modul berbasis PBL menurut ahli materi dan ahli media untuk komponen isi, penyajian dan bahasa memiliki kriteri Layak dengan persentase masing-masing 70,3% dan 63%. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0.001 lebih kecil dari < 0,05. Dalam pengambilan keputusan 0.001 < 0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan posttest sehingga penggunaan modul berbasis PBL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil motivasi siswa menggunakan angket memperoleh ratarata nilai sebesar 61% dengan kategori “Tinggi”.


Ketersediaan
10-UN57.U1-SPB-V-2023BIOLOGI YUL P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI YUL P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;85HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik