Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMENTAL VARIASI SPARKPLUG TERHADAP DAYA, TORSI, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG MATIC 110 CC
ABSTRAK
Beberapa produsen sepeda motor didorong oleh banyaknya pengguna sepeda motor untuk secara konsisten membangun sepeda motor yang memenuhi preferensi konsumen. Hal ini juga mendorong produsen suku cadang sepeda motor untuk memberikan inovasi baru berupa komponen-komponen yang dibutuhkan oleh sepeda motor agar dapat mengikuti preferensi konsumen terhadap kualitas performa mesin kendaraan bermotornya. Torsi, tenaga, dan konsumsi bahan bakar merupakan indikator variabel performa mesin. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimental, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pengaruh mengganti jenis sparkplug terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor 110 cc dengan variasi sparkplug. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat 110 cc dengan menggunakan putaran mesin yaitu 4500 rpm, 5500 rpm, 6500 rpm, 7500 rpm dan 9000 rpm. Hasil yang diperoleh dari upaya penelitian yang telah dilakukan diperoleh daya maksimunm pada penggunaan sparkplug iridium 7.1 hp pada putaran mesin 6500 rpm, sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 0.78 kgf.m. pada penggunaan sparkplug platinum putaran mesin 6500 rpm. Pada konsumsi bahan bakar spesifik diperoleh nilai paling efektif pada rpm 6500 dengan angka 0.51 kg/jam.hp.Jam pada sparkplug iridium. Emisi gas buang mendapatkan hasil yang memenuhi standar CO dan HC pada variasi sparkplug iridium memilki konsentrasi CO sebesar 1,90 %, HC sebesar 178 ppm.
Kata kunci : daya, torsi, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan sparkplug.
18-UN57.U1-STM-V-2023 | MESIN AZI S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain