Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN SIMULASI VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT GROGOLAN, JALAN MEDONO-LIMPUNG KOTA PEKALONGAN)
INTISARI
Simpang Grogolan merupakan simpang empat bersinyal yang terletak di tengah Kota Pekalongan. Simpang Grogolan menjadi titik pertemuan kendaraan dari kota-kota besar seperti Batang dan Semarang dari arah timur, dan kabupaten Pemalang dan Tegal dari arah barat. Volume kendaraan pada simpang tersebut tergolong sangat tinggi dikarenakan simpang Grogolan dilalui jalur Pantura yang sebagian besar dilalui oleh kendaraan kendaraan berat, sehingga menyebabkan penurunan kinerja dari simpang bersinyal tersebut. Pada penelitian ini,untuk mengevaluasi kinerja simpang dengan menghitung panjang antrian dan tundaan yang terjadi pada kondisi eksisting,untuk mengetahui parameter nilai tingkat pelayanan dari kinerja simpang tersebut, untuk menemukan alternatif lain seperti pembagian fase sinyal dan membandingkan hasil dari alternatifalternatif yang sudah didapatkan. Hasil dari analisis menggunakan PKJI 2014 pada kondisi eksisting nilai tundaan simpang rata-rata sebesar 76,13 det/skr. Kondisi dengan dilakukan alternatif 3 fase menjadi 174,1 det/skr. Sedangkan tundaan simpang rata-rata menggunakan software Vissim pada kondisi eksisting 45,14 det/skr, lalu dengan alternatif 3 fase menjadi 72.25 det/skr, dan altenatif 4 fase menjadi 64,5 det/skr. Jadi menggunakan alternatif 4 fase lebih baik untuk mengurangi konflik yang terjadi pada persimpangan, meskipun kedua alternatif yaitu 3 dan 4 fase tersebut sama-sama mengalami kenaikan tundaan.
Kata Kunci : Simpsng Bersinyal, Fase Sinyal, PKJI 2014,Vissim,Tundaan
17-UN57.U1-STS-V-2023 | SIPIL ERW A 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain