Text
SKRIPSI OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN UMKM BERKEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus UMKM Getuk Eco Magelang)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran pada UMKM Getuk Eco Kota Magelang sebagai UMKM dengan kearifan lokal khas Magelang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara sebgaai metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan gabungan analisis SWOT dan AHP, matriks IFAS, EFAS dan AHP. Dari hasil perhitungan IFAS dan EFAS menunjukkan 0,29 dan 0,36 menunjukkan bahwa perusahaan masih membutuhkan strategi. Rekomendasi strategi yang diberikan kepada UMKM Getuk Eco melalui perhitungan SWOT-AHP dengan strategi menggunakan peluang untuk memanfaatkan peluang SO mempertahankan harga dan menjaga kualitas produk tanpa menggunakan bahan pengawet untuk meningkatkan loyalitas konsumen, strategi meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang WO melakukan inovasi produk agar lebih tahan lama dan memiliki varian rasa beragam, strategi menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman ST mencari alternatif bahan baku ketela dan menggunakan bahan baku secara efektif, strategi meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman WT menjalin hubungan baik dengan pemasok bahan baku ketela dan melakukan pendataan bahan baku secara modern menggunakan sistem.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, SWOT, AHP, UMKM
20-UN57.U1-SMJ-V-2023 | MANAJEMEN ERA O 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain