Text
SKRIPSI ANALISIS KORELASI STRES AKADEMIK DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI BERDASARKAN GENDER SISWA BERASRAMA DI SMAIT IHSANUL FIKRI MUNGKID
ABSTRAK
Ariarizky, Rachma Vannya. 2023. “Analisis Korelasi Stres Akademik terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Berdasarkan Gender Siswa Berasama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid”. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata kunci : Stres Akademik, Hasil Belajar Kognitif, Gender, ESSA
Pendidikan adalah investasi suatu bangsa. Semakin berkembanganya zaman, maka semakin bervariasi pula institusi pendidikan salah satunya yakni sekolah berasrama atau boarding school. Sekolah berasrama mengharuskan siswanya untuk menetap selama bersekolah di sekolah tersebut atau dengan waktu yang ditentukan sekolah dengan bermuatan keislaman. Siswa berasrama umumnya berada dalam kontrol dan pengawasan yang melekat, dituntut mandiri dan selalu mentaati aturan, sehingga kedisiplinan yang berhubungan dengan penerapan hukuman menjadi ciri khas sekolah berasrama yang tidak jarang membuat siswa kesulitan dalam penyesuaian diri maupun pembelajaran. Pembelajaran biologi disekolah menuntut peserta didik untuk memahami, menganalisis konseptual dan prosedural serta menerapkan untuk pemecahan suatu masalah. Namun para siswa sering menganggap biologi sebagai mata pelajaran yang hanya menekankan pada hafalan fakta-fakta. Lingkungan belajar serta mata pelajaran dapat menjadi faktor adanya tekanan belajar yang dapat menyebabkan stres akademik. Stres akademik merupakan keadaan menekan yang dialami oleh siswa karena tuntutan serta tekanan akademik, menyebabkan siswa tidak bisa menanganinya. Gender yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula pada penerimaan dan kebutuhan seseorang akan dukungan sosial dalam menghadapi stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi stres akademik terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa berasrama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang serta untuk mengetahui korelasi stres akademik terhadap hasil belajar kognitif biologi berdasarkan gender siswa berasrama di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA di SMAIT Ihsanul Fikri Mungkid. Sampel penelitian berjumlah 96 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menujukkan bahwa stres akademik memiliki korelasi “kuat” terhadap hasil belajar kognitif biologi dengan nilai korelasi -0,451 sedangkan berdasarkan gender perempuan memiliki korelasi kategori “cukup” terhadap hasil belajar kogitif biologi sebesar -0,447 dibandingkan pada laki-laki yang tidak memiliki korelasi terhadap hasil belajar kogitif biologi sebesar 0,253.
12-UN57.U1-SPB-V-2023 | BIOLOGI ARI A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain