Text
SKRIPSI EXPLORING STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE NEEDS IN ENGLISH FOR HOSPITALITY COURSE: A CASE OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT AT UNIVERSITAS TIDAR
ABSTRAK
Anggraeni, Luthfiyah. 2023. “Exploring Students’ English Language Needs in English for Hospitality Course: A Case of English Education Department at Universitas Tidar”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Carolus Prima Ferri Karma, M.Pd., Pembimbing II Winda Candra Hantari, M.A.
Keywords: Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus (ESP), Bahasa Inggris untuk Perhotelan (EFH), Analisis Kebutuhan, Kebutuhan Bahasa Inggris, Kebutuhan Siswa
Bidang perhotelan merupakan bidang di mana keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu aspek paling penting yang harus dikuasai. Hal tersebut karena interaksi dengan orang lain menjadi kegiatan utama bagi siapa saja yang bekerja di bidang perhotelan. Bidang perhotelan berurusan tidak hanya dengan wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing. Dengan demikian bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang sangat dituntut sejak itu. Namun, bahasa Inggris yang dibutuhkan di bidang perhotelan tidak sesederhana bahasa Inggris untuk komunikasi secara umum. Beberapa hal secara khusus diperlukan dalam bahasa Inggris untuk perhotelan. Selain itu, kesesuaian materi terhadap kebutuhan siswa juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan demi tercapai nya tujuan pembelajaran. Dengan demikian, need analisis perlu untuk dilakukan guna mencari tahu yang dibutuhkan siswa dan bagaimana materi yang digunakan di English for Hospitality course. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan bahasa Inggris siswa dalam belajar English for Hospitality course. Selain itu juga untuk mencari tahu persepsi mahasiswa dan dosen terhadap materi yang digunakan dalam English for Hospitality course. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini melibatkan 1 kelas terdiri dari 30 mahasiswa semester lima yang sudah pernah mengambil mata kuliah English for Hospitality serta 2 dosen pengajarnya. Penulis menggunakan e-kuesioner, wawancara tertulis, serta dokumentasi yang digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengambil mata kuliah EFH berekspetasi akan mendapatkan ilmu yang bisa mendukung karier mereka di masa depan. Kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa menguasai kemampuan berbicara dan mendengarkan sangat penting dibandingkan dengan kemampuan yang lain. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa semua keterampilan bahasa dasar, termasuk pengetahuan kosa-kata dan tata bahasa, dibutuhkan oleh siswa English for Hospitality course. Kemudian, berkaitan dengan materi yang digunakan di kelas EFH, masing-masing dari siswa dan dosen memberikan pendapat yang cukup sejalan. Dari data yang diperoleh, menurut mereka materi yang digunakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan siswa. Akan tetapi dalam pengajarannya perlu dimaksimalkan dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti penambahan praktik dalam setiap materi/teori yang diajarkan, penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa kelas untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
14-UN57.U1-SING-V-2023 | INGGRIS DEV E 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain