Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SISTEM ENDOKRIN PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 MOJOTENGAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE FOUR-TIER TEST
ABSTRAK
Nurfitasari, Ifi. 2022. Identifikasi Miskonsepsi Materi Sistem Endokrin pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Mojotengah dengan Menggunakan Metode Four-tier Test. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Sistem Endokrin, Four-Tier Test.
Pentingnya penguasaan konsep pada mata pelajaran biologi sangat diperlukan agar tidak menyebabkan terjadinya miskonsepsi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa SMA N 1 Mojotengah pada materi sistem endokrin dengan menggunakan metode four-tier test. (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi di SMA N 1 Mojotengah. Penelitian kualitatif dengan populasi siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Mojotengan, sample penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa instrumen tes dan wawancara. Data yang terkumpul diidentifikasi untuk mengetahui siswa yang paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Serta wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab miskonsepsi pada siswa. Hasil penelitian yaitu terdapat miskonsepsi pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 1 Mojotengah pada materi sistem endokrin. Presentase siswa yang mengalami miskonsepsi subkonsep fungsi hormon (69,23%), kemudian secara berturut-turut pada subkonsep macam-macam kelenjar pada sistem endokrin (63,64%), subkonsep gangguan kelenjar pada sistem endokrin (55,56%), subkonsep peran hormon endokrin (50,00%) dan terakhir pada subkonsep nama lain dari kelenjar pada sistem endokrin sebesar 44,44%. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami siswa pada materi sistem endokrin adalah metode pembelajaran, minat belajar,materi yang abstrak, media pembelajaran, dan sumber belajar.
13-UN57.U1-SPB-V-2023 | BIOLOGI NUR I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain