Text
SKRIPSI PENGARUH SALES PROMOTION, STORE ATMOSPHERE, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN ALFAMART KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Perubahan perilaku konsumsi masyarakat di dunia saat ini mengalami pergeseran. Adanya perubahan dalam perekonomian, gaya hidup konsumen, sikap dan pola berbelanja konsumen mengalami perubahan dari tradisional menuju modern. Bisnis ritel merupakan salah satu usaha penyaluran barang maupun jasa tingkat akhir, yang nantinya akan langsung dinikmati oleh konsumen. Minimarket merupakan usaha ritel yang paling mendominasi di Indonesia. Memahami perilaku konsumen merupakan salah satu strategi untuk bertahan dan menghadapi ketatnya persaingan dunia bisnis, salah satunya adalah impulse buying atau pembelian yang tidak terencana. Impulse buying dipengaruhi berbagai faktor diantaranya : Sales Promotion, Store Atmosphere, dan Kualitas Pelayanan. Masih terdapat perbedaan hasil penelitian terdahulu dari ketiga variabel tersebut terhadap impulse buying. Adanya research gap yang didukung oleh fenomena gap menjadikan studi lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi impulse buying perlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sales Promotion, Store Atmosphere, dan Kualitas Pelayanan terhadap Impulse Buying. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen ritel Alfamart di Kota Magelang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner terhadap responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Alat bantu software yang digunakan dalam penelitian adalah SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Sales Promotion dan Kualitas Pelayanan terhadap Impulse Buying. Sedangkan variabel Store Atmosphere tidak berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Sedangkan secara simultan variabel Sales Promotion, Store Atmosphere, dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying.
Kata Kunci : Sales Promotion, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Impulse Buying
23-UN57.U1-SMJ-V-2023 | MANAJEMEN ATM P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain