Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCIENCE BOARD GAME (SBG) PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Nashruddin, Hasanal Jundan. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Science Board Game (SBG) pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Eko Juliyanto S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : media science board game, kalor dan perpindahannya, keterampilan berpikir kritis
Perubahan pandangan sistem dalam pendidikan mampu membentuk keterampilan abad 21 siswa untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan global (Soh et al., 2010). Salah satu bentuk keterampilan abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis, Penelitian dari Davidi (2018) menyatakan bahwa media board game berbentuk monopoli mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa serta mengintegrasikan suatu masalah media pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis rendah ditemukan pada siswa SMP N 11 Magelang berdasarkan studi awal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah di SMP N 11 Magelang yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran Science Board Game dengan jenis monopoli yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan media pembelajaran science board game materi kalor yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kritis, untuk menganalisis efektifitas media pembelajaran science board game materi kalor dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, untuk menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap tingkat kepraktisan media pembelajaran science board game pada materi kalor sebagai media pembelajaran IPA yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini didesain menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut dengan istilah R&D (Research and Development). Model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian untuk mendesain perangkat pembelajaran yang sistematis. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, kuisioner respon guru dan siswa dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data dengan kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran. Hasil penelitian ini antara lain (1) media science board game dinyatakan valid dan layak diujicobakan berdasarkan rata-rata skor V-Aiken sebesar 0,888 oleh ahli media dan skor rata-rata V-Aiken sebesar 0,896 oleh ahli materi. (2) media media science board game dinyatakan efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan perolehan skor N-Gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi. (3) media science board game dinyatakan sangat praktis berdasarkan persentase skor total respon guru sebesar 93 % dan respon siswa sebesar 86%. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran science board game dinyatakan valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
15-UN57.U1-SI-V-2023 | IPA NAS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain