Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM SERTA KEEFEKTIFANNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Mu’asaroh. 2023. “Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem Serta Keefektifannya Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: E-modul, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa yang masih belum optimal, serta belum adanya sumber belajar berupa e-modul dengan mengintegrasikan model pembelajaran di dalamnya. Sehingga perlu adanya sumber belajar yang menunjang untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menganalisis kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran biologi materi ekosistem. 2) Menganalisis keefektifan e-modul biologi berbasis Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. 3) Menganalisis keefektifan e-modul biologi berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap implementation dilakukan uji coba dengan desain pre-experimental designs menggunakan teknik one group pretest post-test. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Bawang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran biologi, dengan perolehan nilai dari ahli media sebesar 80,88% dan ahli materi sebesar 93,75% serta pengisian tanggapan dari guru sebesar 93,33% dan siswa sebesar 84,77%. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan untuk menghitung keefektifan penggunaan e-modul terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perhitungan N-Gain. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan post-test. Peningkatan pemahaman konsep siswa dikategorikan tinggi dengan N-Gain sebesar 0,714. Sementara peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dikategorikan sedang dengan N-Gain sebesar 0,67. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul biologi berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem layak serta efektif digunakan sebagai sumber belajar biologi.
16-UN57.U1-SPB-V-2023 | BIOLOGI MUA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain