Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI EKOSISTEM SERTA KEEFEKTIFANNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Mu’asaroh. 2023. “Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem Serta Keefektifannya Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswaâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: E-modul, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa yang masih belum optimal, serta belum adanya sumber belajar berupa e-modul dengan mengintegrasikan model pembelajaran di dalamnya. Sehingga perlu adanya sumber belajar yang menunjang untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menganalisis kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran biologi materi ekosistem. 2) Menganalisis keefektifan e-modul biologi berbasis Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. 3) Menganalisis keefektifan e-modul biologi berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap implementation dilakukan uji coba dengan desain pre-experimental designs menggunakan teknik one group pretest post-test. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Bawang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran biologi, dengan perolehan nilai dari ahli media sebesar 80,88% dan ahli materi sebesar 93,75% serta pengisian tanggapan dari guru sebesar 93,33% dan siswa sebesar 84,77%. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan untuk menghitung keefektifan penggunaan e-modul terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perhitungan N-Gain. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil pretest dan post-test. Peningkatan pemahaman konsep siswa dikategorikan tinggi dengan N-Gain sebesar 0,714. Sementara peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dikategorikan sedang dengan N-Gain sebesar 0,67. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul biologi berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem layak serta efektif digunakan sebagai sumber belajar biologi.
Tidak tersedia versi lain