Text
SKRIPSI ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang
Dewi Rahmawati 1910201025 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
SIAK merupakan fasilitas pengelolaan database kependudukan untuk mengelola layanan administrasi kependudukan antara lain, pengelolaan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, biodata penduduk, surat keterangan kependudukan serta penyediaan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) atau Pemilu Kepala Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Penggunaan Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang. Data yang digunakan berupa proses wawancara. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini diambil dengan teknik non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 14 orang. Peneliti menganalisis dengan menggunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saladana (2014:8) dimulai dari kondensasi, penyajian, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan aspek produktivitas belum berjalan baik, aspek efisiensi belum berjalan baik, aspek kepuasan belum berjalan baik, aspek adaptasi berjalan secara baik, dan aspek perkembangan dapat dikatakan sudah berjalan secara baik. Disarankan aspek produksi untuk segera ikut memfasilitasi dalam mensosialisasikan penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Terpusat (SIAK) di tingkat kecamatan supaya dapat membantu memudahkan masyarakat yang berada di daerah pelosok Kabupaten Magelang. Pada aspek efisiensi diharapkan untuk meningkatkan fasilitas sarana pelayanan ruang tunggu bagi masyarakat dengan menambahkan media penghibur dan dapat menerapkan model antrian seperti mesin antrian komputer dengan LED TV sebagai display yang mencakup nomor antrian saat ini, nomor antrian selanjutnya, lamanya pelayanan tiap antrian, dan jumlah pelayanan yang telah selesai. Pada aspek kepuasan dalam mengatasi antrian panjang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai proses pelayanan administrasi kependudukan secara online dengan melakukan sosialisasi melalui media sosial dan website resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magelang.
Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, SIAK
41-UN57.U1-SSP-VI-2023 | FISIPOL RAH A 2023 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain