Text
SKRIPSI PELAYANAN KARTU PENCARI KERJA DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
PELAYANAN KARTU PENCARI KERJA DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN MAGELANG
Naufal Enji Athaya 1910201008 Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Pelayanan kartu pencari menjadi penting untuk pencari kerja dikarena menjadi sebuah identitas ketika melamar pekerjaan. Terdapat permasalahan terhadap pelayanan di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, diantaranya keterbatasan sarana dan prasarana diantaranya kurangnya alat cetak berupa satu buah alat printer untuk penunjang pelayanan sehingga saat sedang ramai banyak pencari kerja yang menunggu lebih lama untuk pelayanan kartu pencari kerja, keterbatasan informasi oleh pencari kerja yang datang tidak mengetahui ketentuan persyaratan yang diperlukan, perbedaan data antara ijazah dan KTP seperti nama yang berbeda pada beberapa huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kartu pencari kerja di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang. Data yang digunakan berupa proses wawancara, dan observasi peneliti secara langsung yang relevan, dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan Snowball sampling sebanyak 5 orang berupa Petugas Antar Kerja, Supporting Staff, dan pencari kerja. Peneliti menganalisis dengan menggunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saladana (2014:8) dimulai dari kondensasi, penyajian, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan dalam pelayanan kartu pencari kerja di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang telah mengaplikasikan dimensi tangibles kurang baik. Pelayanan kartu pencari kerja telah menerapkan dimensi reliability baik. Pelayanan kartu pencari kerja telah menerapkan dimensi Responsiveness baik. Pelayanan kartu pencari kerja telah menerapkan dimensi assurance secara baik. Pelayanan kartu pencari kerja telah menerapkan dimensi empathy secara baik. Disarankan perlu adanya peningkatan dalam pelayanan kartu pencari kerja di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang berupa penggunaan kartu identitas untuk petugas, sistem antrean berbasis aplikasi, kehadiran petugas saat jam pelayanan, dan memperbaiki sarana dan prasarana.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kartu Pencari Kerja
42-UN57.U1-SSP-VI-2023 | FISIPOL ATH P 2023 | Ruang Skripsi (FISIPOL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain