Text
SKRIPSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna dan Bukan Pengguna Smartphone Xiaomi Di Jawa Tengah)
ABSTRAK
Teknologi dan informasi menjadi hal yang sangat penting pada saat ini. Hal ini membuat teknologi dan informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan sangat pesat yaitu smartphone. Perkembangan smartphone ini juga berpengaruh terhadap jumlah pengguna smartphone yang semakin meningkat. Xiaomi merupakan salah satu merek smartphone yang ada di pasar Indonesia. Jumlah pengguna smartphone di Indonesia mengalami peningkatan pada beberapa tahun ini, namun penjualan smartphone Xiaomi di Indonesia mengalami penurunan penjualan pada Q2 tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Produk (X1), Country Of Origin (X2), Electronic Word Of Mouth (X3), dan Kelompok Referensi (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) melalui Minat Beli (Z) sebagai variabel intervening pada para pengguna dan bukan pengguna smartphone Xiaomi di Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif denggan metode pengumpulan sampel purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SEM PLS dengan alat bantu SmartPLS 3.2.9. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa seluruh variabel dapat berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat beli, kemudian Kualitas Produk berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Keputusan Pembelian, Country Of Origin tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Electronic Word Of Mouth tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kelompok Referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hasil penelitian pada hubungan tidak langsung antar variabel menunjukkan bahwa seluruh variabel independen dapat berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli, dengan kata lain bahwa Minat Beli dapat memediasi variabel independent.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Country Of Origin, Electronic Word Of Mouth, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Minat Beli
30-UN57.U1-SMJ-VI-2023 | MANAJEMEN SAR F 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain