Text
SKRIPSI GAYA BAHASA SINDIRAN PADA VIDEO AKUN TIKTOK SANTOON TV SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT DI SMA
ABSTRAK
Prastika, Ike Devi. 2023. “Gaya Bahasa Sindiran pada Video Akun TikTok Santoon TV sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, S.Hum., M.Hum.
Penelitian berjudul “Gaya Bahasa Sindiran pada Video Akun TikTok Santoon TV sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot di SMA” dilatarbelakangi oleh adanya gaya bahasa sindiran yang terdapat pada video akun TikTok Santoon TV. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis dan menjelaskan gaya bahasa sindiran tersebut. Gaya bahasa sindiran dalam video akun TikTok Santoon TV digunakan untuk ungkapan kritik, perasaan, dan pendapat yang ditujukan pada pihak tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam unggahan video pada akun TikTok Santoon TV dan 2) menghasilkan bahan ajar materi teks anekdot mengenai gaya bahasa pada video akun TikTok Santoon TV. Teori yang digunakan yaitu teori diksi dan gaya bahasa menurut Gorys Keraf. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analisis. Data penelitian ini berupa percakapan di beberapa video akun TikTok Santoon TV pada bulan Januari-Februari 2022 yang mengandung gaya bahasa sindiran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya gaya bahasa sindiran yang ditemukan berjumlah 25 data. Data tersebut terbagi menjadi emat jenis gaya bahasa sindiran yang meliputi eufemisme, ironi, sarkasme, dan satire. Berdasrkan data tersebut, gaya bahasa sindiran yang dominan muncul yaitu gaya bahasa sarkasme. Penelitian mengenai jenis-jenis gaya bahasa sindiran yang telah dikaji dapat diterapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA. Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan yaitu KD 3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat dan KD 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam teks anekdot baik lisan maupun tulis. Materi ini diimplementasikan dalam bentuk bahan ajar handout dengan tujuan agar mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi secara mandiri.
Kata kunci: bahan ajar, teks anekdot, handout, gaya bahasa sindiran
22-UN57.U1-SIN-VI-2023 | INDONESIA PRA G 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain