Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS CERAMAH KESANTUNAN BERBAHASA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA
ABSTRAK
Maesaroh 2023. “Implementasi Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Modul Ajar Teks Ceramah Kesantunan Berbahasa Berbasis Kurikulum Merdeka”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univesrsitas Tidar. Pembimbing 1 Dr. Mursia Ekawati, M. Hum. Dosen Pembimbing II Winasi Rahma Diani, M. Hum.
Penelitian “Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia sebagai Modul Ajar Teks Ceramah Kesantunan Berbahasa Berbasis Kurikulum Merdeka”, dilatarbelakangi adanya peran penting tindak tutur direktif dalam membantu kelancaran proses belajar mengajar bahasa. Tindak tutur direktif juga sangat besar potensinya dalam merepresentasikan kesantunan berbahasa karena salah satu tujuan ilokusinya bersaing dengan tujuan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) bentuk dan fungsi tindak tutur direktif apa sajakah yang digunakan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Candimulyo, Kabupaten magelang, dan (2) bagaimana bentuk bahan ajar menulis teks ceramah di SMA berdasarkan analisis bentuk dan fungsi tindak tutur direktif. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan. Berdasarkan hasil peneltian ditemukan 6 bentuk tindak tutur direktif yaitu, (1) bentuk dan fungsi tindak tutur direktif permintaan 5 buah, (2) bentuk tindak tutur direktif perintah 6 buah, (3) bentuk tindak tutur direktif ajakan 3 buah, (4) bentuk tindak tutur direktif nasihat 3 buah, (5) bentuk tindak tutur direktif kritikan 1 buah, (6) bentuk tindak tutur direktif larangan 1 buah. Hasil dari penelitian ini diimplementasai menjadi bahan ajar dalam bentuk modul pada KD 10.1. Pada materi tersebut peserta didik menilai ide pokok dan ide perinci serta merekontruksi menjadi informasi dengan kata-kata sendiri setelah menyimak teks nonfiksi dalam gelar wicara, ceramah/pidato.
Kata Kunci: Pragmatik, Tindak Tutur Direktif, Teks Ceramah, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka
20-UN57.U1-SIN-VI-2023 | INDONESIA MAE I 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain