Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROYEK YANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI SISTEM GERAK DAN SISTEM PEREDARAN DARAH
ABSTRAK
Pengestuti, Dian. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Proyek yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Materi Sistem Gerak Dan Sistem Peredaran Darah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko,. M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Kurikulum Merdeka, Modul ajar, PjBL.
Pendidikan adalah suatu kebutuhan dan komponen yang penting dalam perubahan. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan kurikulum di Indonesia. Perubahan yang terjadi diimplementasikan sesuai dengan kondisi yang ada yaitu perubahan dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari modul ajar untuk guru yang didampingi oleh modul siswa pada materi sistem gerak dan sistem peredaran darah berbasis proyek berdasarkan Kurikulum Merdeka serta untuk mendeskripsikan respon guru terhadap modul ajar dan modul siswa yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Analyze (analisis), yaitu menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan modul ajar dan modul siswa, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik siswa, 2) Design (Perencanaan), yaitu merancang materi, kerangka isi dan tampilan pada modul ajar serta modul siswa, 3) Development (Pengembangan), yaitu mengembangkan modul ajar dan modul siswa serta melakukan uji validasi terhadap ahli bahan ajar dan ahli materi, 4) Implementation (Implementasi), yaitu melakukan uji respon terbatas terhadap guru, dan 5) Evaluation (Evaluasi), menganalisis hasil pada setiap tahapan dan melakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan modul ajar yang didampingi oleh modul siswa berdasarkan validasi ahli bahan memperoleh presentase sebesar 93,83% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, hasil validasi materi untuk modul ajar yang didampingi dengan modul siswa termasuk kategori sangat valid dengan memperoleh presentase sebesar 98,13%. Dengan demikian, hasil validasi produk yang telah dikembangkan berupa modul ajar didampingi oleh modul siswa secara keseluruhan memperoleh presentase 95,9% dengan kriteria sangat valid sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar. Sementara hasil uji respon pada tahap implementasi yang dilakukan secara terbatas pada modul ajar dan modul siswa memperoleh presentase 89,25% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian modul ajar dan modul siswa berbasis proyek yang dikembangkan layak digunakan oleh guru untuk membantu dalam pelaksanaan pembelajaran.
19-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI PEN P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain