Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA NEGERI 2 GRABAG
ABSTRAK
Inez Maylida. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 2 Grabag”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah diperlukan adanya upaya penerapan model pembelajaran yang bervariasi sehingga motivasi belajar peserta didik menjadi tinggi dan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Grabag. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Grabag. Penelitian ini merupakan quasy eksperimen dengan menggunakan desain Pretest post-test Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Grabag tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan berdasarkan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis Independent T Test pada taraf signifikansi α < 0,05 untuk data nilai tes dan uji hipotesis Mann Whitney U Test pada taraf signifikansi α < 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya pengaruh pada rata-rata nilai pretest sebesar 46 dan pada nilai post-test nilai rata-rata sebesar 82. (2) Adanya perubahan tingkat motivasi belajar dari motivasi awal sebesar 59% kategori tinggi dan 41% kategori sedang. Dan motivasi belajar akhir sebesar 18% kategori sangat tinggi dan 82% kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa adany pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMAN 2 Grabag.
Kata kunci : Think pair share, hasil belajar kognitif, motivasi belajar.
18-UN57.U1-SPB-VI-2023 | BIOLOGI MAY P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain